Penerapan Model Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo
Keywords:
Penerapan Model Pembelajaran, Two Stay Two StrayAbstract
Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Hal ini menyebabkan penurunan antusiasme belajar siswa karena mereka merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan perencanaan Kemmis dan McTaggart digunakan dalam penelitian ini bersama dengan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan yang harus diselesaikan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada tahun ajaran 2024-2025. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar antara siklus I dan II, yang meningkat sebesar 43% dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 62,5% menjadi 91,66%.
References
Abdul Rahim Karim dan Arifuddin Arifuddin, “Konsep Pendidikan Islam: Berbagai Metode PAI dalam Meraih Prestasi,” Didaktik: Jurnal Pendidikan 10, no. 1 (1 Februari 2021): 16, https://doi.org/10.58230/27454312.76.
Devi Arnitasari, “Penerapan Model Kolaboratif Two Stay, Two Homeless (TSTS) dalam Pengajaran Tari Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tari Berpasangan pada Peserta didik Sekolah Menengah Negeri No. 1 Tellu Limpo”, disertasi. (Makassar, Agustus 2017)
Eva Widiastuti, disertasi “Penerapan model pembelajaran “Two Stay, Two Homeless” terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTS N 02 Semarang.” (Semarang, 1 Oktober 2015).
Hasriadi, “Model Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi,” Jurnal Konsep 11, No. 1 (31 Mei 2022).
Lana Rilangi, Penerapan Model Two Stay, Two Homeless (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta didik Kelas VIIIC SMP Negeri 2 Palopo, Disertasi (Palopo: 2019).
Mutiara Zafira, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay, Two Homeless (TSTS) Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik Kelas XI MAN 1 Pekanbaru,” Disertasi. (Pekanbaru, 7 Juli 2020).
N. Isnawati, “Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan terstruktur “two stay, two Leave” untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA kelas X,” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Januari 2011.
Siti Nur Annisia Dalimunte, “Pengaruh Model Cooperative Teaching Two Stay Two Homeless (TSTS) dan Tipe Peer Teaching Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik di MAS YMPI SEI Tualang Raso,” Disertasi. (Medan, Oktober 2021).
Suharsimi, Penelitian Tindakan Grub , Cet. X; (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).
Veena Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: Kencana, 2012)