Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa di SLB Negeri 1 Palopo
Keywords:
Problematika Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus, Tuna DaksaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa berkebutuhan khusus tunadaksa, serta mengidentifikasi problematika yang muncul dalam pembelajaran tersebut dan upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasinya. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SMALB Negeri 1 Palopo pada bulan Mei - Juni 2024. Subjek penelitian adalah guru PAI, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi, dan analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI bagi siswa tunadaksa sesuai dengan kurikulum SLB, dengan pencapaian keberhasilan akademis sebesar 30% dan praktikum mencapai 70%. Metode pembelajaran yang paling disukai siswa meliputi: (1) metode menghafal, (2) metode bermain sambil belajar, dan (3) metode praktik. Tantangan dalam pembelajaran PAI termasuk siswa yang memiliki kelainan ganda yang memerlukan penanganan khusus, rendahnya minat menulis, serta faktor eksternal seperti permasalahan ekonomi yang menghambat kehadiran siswa di sekolah. Guru PAI mengatasi permasalahan ini dengan menerapkan berbagai strategi, seperti: (1) pendekatan emosional, (2) pemahaman terhadap kondisi individu siswa, (3) penggunaan metode pembelajaran yang sesuai, dan (4) menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Pembelajaran PAI untuk siswa tunadaksa di SMALB Negeri 1 Palopo dilakukan selama jam pelajaran berlangsung.
References
Annisa, R., Eldiva, F. T., Fitra, R. R., & Ronvy, A. S. (2024). Peran Guru Pendamping Khusus Bagi Anak Hipektif Kelas V Di Sekolah Inklusi. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130175
Aziz, M. A., & Sanwil, T. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme dan Aplikasi Nya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), Article 1.
Bidaya, Z., & Dari, S. M. (2020). Revolusi Mental Melalui Penguatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di Kota Mataram. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 51–60. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2861
Gumelar, M. G., Wijayanto - -, & Sardini, N. H.-. (2023). Fenomena Golongan Putih Pemilih Disabilitas pada Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Klaten. Journal of Politic and Government Studies, 12(3), Article 3.
Habsy, B. A., Christian, J. S., M, S. U. S. P., & Unaisah, U. (2024). Memahami Teori Pembelajaran Kognitif dan Konstruktivisme serta Penerapannya. TSAQOFAH, 4(1), 308–325. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2177
Jannah, A. M., Setiyowati, A., Lathif, K. H., Devi, N. D., & Akhmad, F. (2021). Model Layanan Pendidikan Inklusif di Indonesia | ANWARUL. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/anwarul/article/view/51
Khoiruman, Fikriyy, W. A., & Rizal, M. A. S. (2023). Desain Kurikulum Pendidikan Berbasis Inklusi Adaptif Merdeka. GAHWA, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.61815/gahwa.v2i1.301
Lalita, A. C., Haikal, D. R., Aswati, D., & Jaya, I. (2024). Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14317
Nurfadhillah, S. (2021). Pendidikan Inklusi Pedoman bagi Penyelenggaraan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusu (1st ed.). CV Jejak (Jejak Publisher).
Paramansyah, A., & Parojai, M. R. (2024). Pendidikan Inklusif dalam Era Digital (1st ed.). Penerbit Widina.
Putra, L. B. W. (2024). Mewujudkan Kota Inklusi: Inklusivitas dan Aksesibilitas Ruang Publik Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Yogyakarta. TheJournalish: Social and Government, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.55314/tsg.v5i2.780
Widaningsih, R., & Herawati, N. I. (2023). Peran Orang Tua Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus dalam Penerapan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), Article 5. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2463