Pengaruh Keteladanan dan Pembiasaan terhadap Hasil Belajar PAI pada Domain Afektif Siswa SMK Negeri 2 Palopo

Penulis

  • Muhammad Guntur Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

Kata Kunci:

Keteladanan, Pembiasaan, Hasil Belajar, Domain Afektif

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara pembiasaan dan keteladanan terhadap hasil belajar PAI pada domain afektif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Kota  Palopo. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan-tahapan yaitu prasurvey, uji coba instrumen, pengumpulan data, analisis data dan penyusunan hasil penelitian.Metode penelitian ini menggunakan uji statistik korelasi dan regresi. Setelah dilakukan analisis dan pembahasan terhadap variabel-variabel penelitian, maka dapat disusun kesimpulan yaitu tidak ada pengaruh yang signifikan dari pemberian keteladanan terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam pada domain afektif siswa SMKN 2 Kota Palopo, hal ini dibuktikan dari hasil analisis penelitian ini mempunyai koefisien regresi -0.015 (thitung= -0.051 ttabel= 2.013) nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel ini tidak layak dijadikan alat variabel penentu. Kemudian tidak ada pengaruh yang signifikan dari pemberian pembiasaan terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam pada domaian afektif siswa SMKN 2 Kota Palopo, hal ini dibuktikan dari hasil analisis penelitian ini mempunyai koefisien regresi 0.000 (thitung= -0.001 ttabel= 2.013) nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel ini tidak layak dijadikan alat variabel penentu. Dan variabel independen yaitu keteladanan dan pembiasaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam pada domaian afektif siswa SMKN 2 Kota Palopo, hal ini dibuktikan dari hasil uji regresi diperoleh Fhitung sebesar 0.001dengan tingkat signifikansi 0.999 lebih besar dari 0.05.

Referensi

Abdul Majid, Perencanaan Pebelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).

Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2009).

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994), cet. ke-2.

Alfian, E., Kaso, N., Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 54-64.

Asnelly Ilyas, Mendambakan Anak Shaleh; Prinsip-prinsip Pendidikan Anak dalam Islam, (Bandung: al-Bayan, 1998).

Borg, W. R. & Gall, M.D. Educational research: An introduction. (NY: Longman, 1983).

Efendi, E., Nurdin, K., & Baderiah, B. (2020). Humanist Education: Its Implementation on Scavengers Children’s at TPA Mancani Palopo City. International Journal of Asian Education, 1(3), 155-168.

Fatmawati, F., Hasbi, H., & Nurdin, K. (2020). Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369-383.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, (Edisi Keempat, Universitas Diponegoro, 2009).

Hamalik. O. Proses Belajar Mengajar. (Bandung: Bumi Aksara, 1992).

Ifdil. Motivasi Berprestasi. Jurnal bimbingan dan konseling, 2007.

Ilham, D. (2019). Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City. Jurnal Konsepsi, 8(1), 1-9.

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.

J. Riberu, Pendidikan Agama dan Tata Nilai, dalam Sindhunata (Editor), Pendidikan; Kegelisahan Sepanjang Zaman, (Yogyakarta: Kanisius, 2001).

Khoiron Rosyadi, Pendidikan Profetik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004).

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam; di Sekolah. Madrasah, dan Perguruan Tinggi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010).

Nata, Abuddin. Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Raja Grafindo Persada, 2005. ISBN 979-365-458-9.

Noeng Muhajir, Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial

Noer Aly, Hery, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II; (Jakarta: Logos, 1999).

Nurdin, K., Muh, H. S., & Muhammad, M. H. (2019). The implementation of inquiry-discovery learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(1).

Ratna Megawangi, Pendidikan Karakter; Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, (Indonesia Heritage Foundation, Jakarta, 2004).

Rifuddin, B., Ilham, D., & Nurdin, K. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education (IJAE) by READ Institute, 1(2), 81-94.

Shephard, K., Higher Education For Sustainability: Seeking Affective Learning Outcomes, (International Journal of Sustainability in Higher Education, 9(1), , 2008).

Suardi, Edi .tt .Pedagogik 2 .Cetakan ke- 2. (Bandung:Angkasa, 2008), hlm.123

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008), Cet.2.

Suwarno, Wiji. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Cet I (Yogyakarta:ar-Ruz Media, 2006).

Zaenal Arifin. Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik. Prosedur.(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009).

Zakiah Darajat dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara dan Dirjen Binbaga Depag RI, 1995).

Date published articles:

2020-02-01

Cite on this Journal:

Guntur, M. . (2020). Pengaruh Keteladanan dan Pembiasaan terhadap Hasil Belajar PAI pada Domain Afektif Siswa SMK Negeri 2 Palopo. Jurnal Konsepsi, 8(4), 150–158. Diambil dari https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/93