Analisis Perbedaan Pengucapan Bahasa Bajo di Desa Rajuni dan Desa Tarupa Kecamatan Takabonerate Kabupaten Kepulauan Selayar
Keywords:
Pengucapan Bahasa Bajo di Desa Rajuni dan Desa TarupaAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah memaparkan bentuk-bentuk Analisis Perbedaan Pengucapan Bahasa Bajo di Desa Rajuni dan Desa Tarupa di Kabupaten Kepulauan Selayar. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif Kualitataf yang menggunakan data dan sumber data. Data dalam Penelitian ini adalah. Analisis Perbedaan Pengucapan Bahasa Bajo di Desa Rajuni dan Desa Tarupa Kecamatan Takabonerate Kabupaten Kepulauan Selayar. Adapun sumber data adalah Kepala Desa Rajuni dan Tarupa Kecamatan Takabonerate Kabupaten Kepulauan Selayar, dan masyarakat Desa Rajuni dan Tarupa. Hasil dari Penelitian ini adalah menunjukkan bentuk Analisis Perbedaan Pengucapan Bahasa Bajo di Desa Rajuni dan Desa Tarupa Kecamatan Takabonerate Kabupaten Kepulauan Selayar, penggunaan Bahasa yaitu dari segi penutur, dan segi pemakaian.
References
Akbar, F., & Sulkifli, S. (2021). Integrating Character Values in Junior Secondary Student Writing Learning. Jurnal Konsepsi, 10(1), 1-9.
Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar (Doctoral dissertation, PPS).
Aswar, N. (2021). Strategi Strata Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Konsepsi, 10(1), 34-42.
Chaer, Abdul 2004 Tata Bahasa praktis Bahasa Indonesia: Jakarta : Rineka cipta.
Firman, F., Aswar, N., Sukmawaty, S., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 551-558. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/621
Firman, F., Mirnawati, M., Sukirman, S., & Aswar, N. . (2020). The Relationship Between Student Learning Types and Indonesian Language Learning Achievement in FTIK IAIN Palopo Students. Jurnal Konsepsi, 9(1), 1–12. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/24
Garcia Ofelia dan Harold Schifman 2011 http://Wordpress.com/fishmanian Sociolinguistiks.pdf .(diunduh.20 Desember 2016).
Hisbullah, H. (2020). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 9-24.
Iskandar, D. (2013). Penggunaan Gaya Bahasa Di Lingkungan Terminal: Studi Kasus terhadap Sopir, Kernet, dan Calo di Terminal Ledeng Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Bahasa Indonesia /.(diakses pada hari jum’at, 12 Desember 2014).
Jalaluddin, A. (2013). Pemertahanan Bahasa Bajo di Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak Lombok Timur. Palapa, 1(1), 40-53.
Kaso, N., Nurjihad, A., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Facebook and its Impact on Students’ Learning Achievement at State Islamic High School of Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 1-15. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/456
Kaso, N., Mariani, M., Ilham, D., Firman, F., Aswar, N., & Iksan, M. (2021). The Principal's Leadership: How to Improve the Quality of Teaching and Learning Process in State Junior High School of Luwu. Jurnal Ad'ministrare, 8(1), 49-58.
Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/129
Kaso, N., Subhan, S., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Penguatan Mitigasi Radikalisme Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Taman Kanak-Kanak di Kota Palopo. Madaniya, 2(2), 152-167.
Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165-177.
Nasrianti, S. S. D. (2017) Afiksasi Dalam Bahasa Bajo. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 1(4).
Ramli and Erwandi, E (2019). Analisis Komparatif Antara Bahasa Jamee (Aceh) Dan Bahasa Minangkabau (Bukittinggi).
Sarmita, F. H. (2017) Polisemi Dalam Bahasa Bajo. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 1(4).
Sitepu, T., & Rita, M. P. (2017). Bahasa Indonesia Sebagai Media Primerkomunikasi Pembelajaran. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 67-73.
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.
Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27.
Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46-61.
Sumarsono. 1993. Pemertahanan Bahasa Melayu Loloan di Bali, Jakarta pusat Pembinaan dan pengembangan Bahasa.
Suryaningsi, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII MTs DDI Walimpong Kabupaten Soppeng (Doctoral dissertation, FBS).
Wijayanti, E. D. (2016). Variasi Dialek Bahasa Bawean di Wilayah Pulau Bawean Kabupaten Gresik: Kajian Dialektologi (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.