Analisis Kepribadian Tokoh Dara dalam Novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah Karya Ario Muhammad (Psikologi Sastra)
Keywords:
Tokoh Utama, , Kepribadian, Psikologi SastraAbstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana kepribadian tokoh Dara dalam novel brizzle: cinta sang hafizah karya Ario Muhammad dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian tokoh Dara dalam novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah karya Ario Muhammad dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, istilah, dan kalimat yang terdpat dalam novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah karya Ario Muhammad. Sumber data penelitian ini adalah kata atau kalimat yang menggambarkan kepribadian Dara dalam novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah karya Ario Muhammad. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama Dara dalam novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah karya Ario Muhammad mengalami tiga jenis konflik batin seperti pada kajian psikoanalisis Sigmund Freud yang terdapat pada struktur kepribadian, yaitu: Id, Ego, dan Superego.
References
Akbar, F., & Sulkifli, S. (2021). Integrating Character Values in Junior Secondary Student Writing Learning. Jurnal Konsepsi, 10(1), 1-9.
Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar (Doctoral dissertation, PPS).
Aswar, N. (2021). Strategi Strata Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Konsepsi, 10(1), 34-42.
Endraswara, S. (2008).Metodologi Penelitian Sastra : Epistermologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta; Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Faruk. (1999). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Firman, F., Aswar, N., Sukmawaty, S., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 551-558. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/621
Firman, F., Mirnawati, M., Sukirman, S., & Aswar, N. . (2020). The Relationship Between Student Learning Types and Indonesian Language Learning Achievement in FTIK IAIN Palopo Students. Jurnal Konsepsi, 9(1), 1–12. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/24
Hisbullah, H. (2020). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 9-24.
Kaso, N., Nurjihad, A., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Facebook and its Impact on Students’ Learning Achievement at State Islamic High School of Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 1-15. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/456
Kaso, N., Mariani, M., Ilham, D., Firman, F., Aswar, N., & Iksan, M. (2021). The Principal's Leadership: How to Improve the Quality of Teaching and Learning Process in State Junior High School of Luwu. Jurnal Ad'ministrare, 8(1), 49-58.
Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/129
Kaso, N., Subhan, S., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Penguatan Mitigasi Radikalisme Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Taman Kanak-Kanak di Kota Palopo. Madaniya, 2(2), 152-167.
Mingderop, Albertine. 2018. Psikologi Sastra: Karya, Metode, Teori, Dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia anggota IKAPI DKI Jakarta
Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165-177.
Muhammad, Ario: 2019. Brizzle: Cinta Sang Hafizah. Jakarta: NEA Publishing
Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ratna, N.K. (2012). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ruslan, H. (2021). Kritik Budaya dalam Cerita Pendek Sepasang Pengantin Tak Berhias Karya Ernawati Rasyid: Tinjauan Elemen Semiologi Roland Barthes. Jurnal Konsepsi, 10(1), 10-16.
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.
Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27.
Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46-61.
Tarigan, H.G. (1993). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta:Garudhawaca
Wellek, R. & Warren, A. (1990). Teori Kesusastraan (Diindonesiakan oleh Melani Budianta). Jakarta: Gramedia.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.