Analisis Kepribadian Tokoh Dara dalam Novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah Karya Ario Muhammad (Psikologi Sastra)

Authors

  • Wahdaniyah Wilyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Akhir Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hasnur Ruslan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Tokoh Utama, , Kepribadian, Psikologi Sastra

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana kepribadian tokoh Dara dalam novel brizzle: cinta sang hafizah karya Ario Muhammad dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian tokoh Dara dalam novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah karya Ario Muhammad dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, istilah, dan kalimat yang terdpat dalam novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah karya Ario Muhammad. Sumber data penelitian ini adalah kata atau kalimat yang menggambarkan kepribadian Dara dalam novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah karya Ario Muhammad. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama Dara dalam novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah karya Ario Muhammad mengalami tiga jenis konflik batin seperti pada kajian psikoanalisis Sigmund Freud yang terdapat pada struktur kepribadian, yaitu: Id, Ego, dan Superego.

References

Akbar, F., & Sulkifli, S. (2021). Integrating Character Values in Junior Secondary Student Writing Learning. Jurnal Konsepsi, 10(1), 1-9.

Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar (Doctoral dissertation, PPS).

Aswar, N. (2021). Strategi Strata Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Konsepsi, 10(1), 34-42.

Endraswara, S. (2008).Metodologi Penelitian Sastra : Epistermologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta; Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Faruk. (1999). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Firman, F., Aswar, N., Sukmawaty, S., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 551-558. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/621

Firman, F., Mirnawati, M., Sukirman, S., & Aswar, N. . (2020). The Relationship Between Student Learning Types and Indonesian Language Learning Achievement in FTIK IAIN Palopo Students. Jurnal Konsepsi, 9(1), 1–12. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/24

Hisbullah, H. (2020). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 9-24.

Kaso, N., Nurjihad, A., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Facebook and its Impact on Students’ Learning Achievement at State Islamic High School of Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 1-15. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/456

Kaso, N., Mariani, M., Ilham, D., Firman, F., Aswar, N., & Iksan, M. (2021). The Principal's Leadership: How to Improve the Quality of Teaching and Learning Process in State Junior High School of Luwu. Jurnal Ad'ministrare, 8(1), 49-58.

Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/129

Kaso, N., Subhan, S., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Penguatan Mitigasi Radikalisme Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Taman Kanak-Kanak di Kota Palopo. Madaniya, 2(2), 152-167.

Mingderop, Albertine. 2018. Psikologi Sastra: Karya, Metode, Teori, Dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia anggota IKAPI DKI Jakarta

Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165-177.

Muhammad, Ario: 2019. Brizzle: Cinta Sang Hafizah. Jakarta: NEA Publishing

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, N.K. (2012). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ruslan, H. (2021). Kritik Budaya dalam Cerita Pendek Sepasang Pengantin Tak Berhias Karya Ernawati Rasyid: Tinjauan Elemen Semiologi Roland Barthes. Jurnal Konsepsi, 10(1), 10-16.

Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.

Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27.

Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46-61.

Tarigan, H.G. (1993). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta:Garudhawaca

Wellek, R. & Warren, A. (1990). Teori Kesusastraan (Diindonesiakan oleh Melani Budianta). Jakarta: Gramedia.

Downloads

Date published articles:

2021-07-30

Cite on this Journal:

Wilyah, W. ., Akhir, M. ., & Ruslan, H. . (2021). Analisis Kepribadian Tokoh Dara dalam Novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah Karya Ario Muhammad (Psikologi Sastra). Jurnal Konsepsi, 10(2), 82–87. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/64