Pengembangan Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Bacaan dan Tata Cara Salat Kelas III SD Negeri 042 Radda
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Modul Pembelajaran, Bacaan dan Tata Cara SalatAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi bacaan dan tata cara salat bagi siswa kelas III SD Negeri 042 Radda. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap bacaan serta gerakan salat akibat keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang mencakup tahap define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian terdiri atas guru PAI dan siswa kelas III SD Negeri 042 Radda, sedangkan objek penelitian berupa modul pembelajaran yang dikembangkan sesuai karakteristik peserta didik sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran PAI. Hasil validasi oleh tiga validator yaitu ahli materi, bahasa, dan media memperoleh nilai Aiken’s V sebesar 0,66 dengan persentase kelayakan 75% yang termasuk dalam kategori baik dan praktis. Modul ini dinilai memiliki tampilan menarik, bahasa komunikatif, serta kesesuaian isi dengan kompetensi dasar kurikulum. Secara keseluruhan, penggunaan modul ini berkontribusi positif terhadap peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa dalam melaksanakan salat dengan benar serta menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif, kontekstual, dan berbasis nilai-nilai keislaman di sekolah dasar.
References
Afriansa, M., & Ilham, D. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 14(1), 1–12.
Dayat, F. A. (2022). Internalisasi Nilai Pendidikan Islam Melalui Pendekatan Budaya Lokal dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Al-Ilmi: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 5(1), 121–134.
Hidayat, S., Nurlina, & Setiawan, A. (2020). Analisis Ketepatan dan Konsistensi Alat Evaluasi Postur SG. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61.
National Centre for Competency-Based Training. (2003). A Guide to Developing Learning Materials. Australian National Training Authority.
Pramudita, R., Fauzan, A., & Saputra, D. C. (2024). Pengembangan Buku Ajar Statistika Pendidikan dengan Pendekatan Konstruktivisme melalui Model ADDIE. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan, 4(1), 265.
Pratama, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika pada Materi Program Linear Berbasis Kontekstual dan ICT. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 139.
Rahmawati, N. (2019). Desain Modul Tematik dengan Pendekatan Pemecahan Masalah pada Materi Sistem Organ Manusia di Kelas V Sekolah Dasar [Undergraduate thesis]. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana University.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wijaya, H. (2012). Media Pembelajaran: Konsep, Pengembangan, dan Implementasi. Remaja Rosdakarya.