Keefektifan Model Pembelajaran Think, Pair, and Share dalam Menyimpulkan Isi Puisi Siswa Sekolah Menengah Atas

Penulis

  • Rosdiana Rosdiana Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Fathana Muchtar Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

Kata Kunci:

menyimpulkan puisi, Think, Pair, and Share

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi puisi siswa kelas X SMA Nasional Makassar dengan model Think, Pair and Sharer. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu pre-test, treatment dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA II SMA Nasional Makassar yang berjumlah 64 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data di atas meliputi angket, teknik tes, dan pengamatan. Teknik analisis datanya, yakni menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model Think Pair and  Share dapat meningkatkan  kemampuan menyimpulkan puisi pada siswa kelas X SMA Nasional Makassar. Hal tersebut terbukti dari meningkatnya hasil belajar siswa. Penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa pada tahap pretest  berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 67,4 % dan pada tahap posttest berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 71,7 %. (3) Hasil analisis menunjukkan adanya perubahan yang terjadi pada sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yaitu dengan adanya penggunaan model pembelajaran think, pair and share pada kemampuan menyimpulkan isi puisi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari pembahasan yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Think, Pair and Share memberikn pengaruh terhadap hasil belajar siswa  kelas X SMA Nasional Makassar khususnya pada kemampuan menyimpulkan isi puisi. Dengan demikian model pembelajaran ini layak digunakan oleh guru untuk meningkatakan hasil belajar siswa.

Referensi

Afandi, Ahmad. 2013. Peningkatan hasil belajar sosiologi pokok bahasan prilaku menyimpang (Pedophilia) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think, pair, and share pada siswa kelas X.B SMA Negeri 1 Lilirilau Kabupaten Soppeng. Skripsi.Makassar: Universitas Muhammadiyah.

Badrun, Ahmad.1983 Pengantar ilmu sastra.Surabaya : Usaha Nasional

Badudu. 1996. Inilah Bahasa Indonesia yang Benar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Bahri, Aliem.2016. Teori belajar dan model pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Makassar

Chaer, Abdul.2013. kajian bahasa struktur internal, pemakaian dan pemelajaran. Jakarta: Rineka cipta.

Daryanto,Mulyo Rahardjo.2010. Belajar dan mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Djamarah, syaiful Bahri dan Aswan Zain.2010. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2015. Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif dan kualitatif. Jakarta:Rajawali Persada.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning : Efejtifitas Pembelajaran kelompok. Bandung:Alfabeta

Musaba, Zulkifli. 2012. Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurnawati, Enis. 2012. Peningkatan kerjasama siswa SMP melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Irfan, Muhammad dkk. 2017. Metode Penelitian. Makassar : Cv ade karya

Date published articles:

2023-05-31

Cite on this Journal:

Rosdiana, R., & Muchtar, F. . (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Think, Pair, and Share dalam Menyimpulkan Isi Puisi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Konsepsi, 12(1), 32–44. Diambil dari https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/258

Terbitan

Bagian

Daftar Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama