Membangun Kedisiplinan Guru dengan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah
Keywords:
Kepemimpinan Transformasional, Kepala Madrasah, Kedisiplinan GuruAbstract
Artikel ini membahas tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam membangun kedisiplinan guru di MIN 4 Tana Toraja. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui kedisiplinan guru di Min 4 Tana Toraja, untuk mengetahui gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam membangun kedisiplinan guru di MIN 4 Tana Toraja, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam mendisiplinkan guru di MIN 4 Tana Toraja. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan ini menunjukkan bahwa guru di MIN 4 Tana Toraja telah menunjukkan sikap disiplin, namun masih ada guru yang tidak tepat waktu dalam menghadiri sekolah ditemukan juga faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam mendisiplinkan guru di MIN 4 Tana Toraja yaitu: (1) Faktor pendukung meliputi; kepemimpinan yang efektif dan komunikasi yang baik antara kepala madrasah dan guru. (2) faktor penghambat yaitu masih adanya guru yang tidak hadir dengan alasan seperti acara keluarga dan masalah kendaraan serta berbagai alasan lainnya.
References
Agustinus Sukses Dakhi, ‘Peningkatan Disiplin Siswa Dengan Kompetensi Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah’, Jurnal Dinamika Pendidikan, 14.3 (2021).
Ahmad Fauzi, ‘Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam’, Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2.2 (2017).
Alimuddin Alimuddin, ‘Kepemimpinan Spritual’, Kelola: Journal of Islamic Education Management, 4.2 (2019).
Elsinar Girsang, ‘Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Kinerja Guru Pada Sd Negero 007 Teluk Sebong Kecamatan Teluk Sebong’, Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4.2 (2020).
E.Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. (Bandung: Remaja Rosdakarya,2007).
Hadis riwayat Abu Dawud, dari Abi Said al-Khudhri, nomor 2608 dalam koleksi Abu Dawud.
Hamdan, Fransisko Chaniago, and Rizky Takriyanti, ‘Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah’, Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7.1 (2021).
Hilal, Mahmud Munir Yusuf, and Lilis Purnanengsi Masâ. "Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Guru untuk Menggunakan E-Learning pada Masa Covid 19 Jurusan Teknik Komputer di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palopo." Journal of Teaching dan Learning Research 2.2 (2020).
H Thaha, and L Loncing,., ‘ Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Madrasah Aliyah Al Mawasir Lamasi Kabupaten Luwu'. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, 2023, 4.2 (2023).
Lilis Suryani Octavia and Siti Ina Savira, ‘Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan’, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1.1 (2017).
M. Saipul Watoni and Lalu A. Hery Qusyairi, ‘Pengaruh Keterampilan Mengajar Dan Kedisiplinan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar’, As-Sabiqun, 3.1 (2021).
Nurdin Kaso and others, ‘Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Dengan Karakter Siswa Berbasis Budaya Lokal’, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11.2 (2021).
Sri Mulyani, ‘Karakteristik Kepemimpinan Islami Menurut Prof Hamka Dalam Tafsir Al-Azhar’, Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 3.1 (2022).
Wahyu Bagja Sulfemi, ‘Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru’, Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5.2 (2020).
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2024 Ayu Azhari, Taqwa Taqwa, Alimuddin Alimuddin, Alauddin Alauddin, Tasdim Tahrim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.