Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDK 016 Rantepongko Kabupaten Mamasa

Authors

  • Bonggalangi Bonggalangi Universitas Terbuka

Keywords:

Pembelajaran matematika, hasil belajar, model jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar Matematika, khususnya dalam operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, pada siswa kelas V SDK 016 Rantepongko, Kabupaten Mamasa, tahun pelajaran 2022-2023. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode analisis deskriptif kuantitatif melalui pelaksanaan tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V SDK 016 Rantepongko tahun 2022-2023, dengan jumlah sampel sebanyak 15 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Hasil penelitian dan evaluasi siklus I menunjukkan bahwa capaian siswa masih rendah, dengan hanya satu siswa masuk kategori tinggi (nilai 60-75), satu siswa masuk kategori sedang (nilai 40-59), dan 13 siswa masuk kategori rendah (nilai 0-39). Nilai rata-rata mencapai 48,46 dengan persentase 35%. Kesimpulan dari hasil ini menunjukkan bahwa belum terdapat peningkatan prestasi siswa pada siklus I. Berdasarkan hasil refleksi siklus I, peneliti melakukan perbaikan pada pembelajaran pada siklus II. Hasil evaluasi mata pelajaran Matematika pada siklus II menunjukkan peningkatan signifikan, dengan empat siswa mendapatkan nilai 75-80, sebelas siswa mendapatkan nilai 60-75, dan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah 59. Nilai rata-rata mencapai 64,66 dengan persentase 80%. Hasil ini mengindikasikan bahwa perbaikan pada siklus II berhasil, dan peneliti menganggapnya efektif. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam konteks pembelajaran lainnya.

References

Arini, A., & Umami, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Konstruktivistik dan Sosiokultural. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.845

Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan (1st ed.). DIVA PRESS.

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141

Kusumaningpuri, A. R., & Fauziati, E. (2021). Model Pembelajaran RADEC dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1169

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas (1st ed.). CV. Pilar Nusantara.

Rahmawati, N. I., & Sutiarso, S. (2019). Pembelajaran Kooperatif Sebagai Model Efektif Untuk Mengembangkan Interaksi dan Komunikasi Antara Guru dan Peserta Didik. Eksponen, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.55

Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151

Sinambela, P. N. J. M., Bulan, A., Febrina, A., Susilowaty, N., Fatchurrohman, M., Novianti, W., Sembiring, E. T. B., Chairunnisa, Subroto, D. E., & Mardhiyana, D. (2022). Model-Model Pembelajaran (1st ed.). Sada Kurnia Pustaka.

Suginah, S., Suprihanto, J., & Sutrischastini, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Teknik Jigsaw di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Jladri Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen [Masters, STIE Widya Wiwaha]. http://stieww.ac.id

Suryadi, A., Damopolii, M., & Rahman, U. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya (1st ed.). CV Jejak (Jejak Publisher).

Sutomo, M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/jip.v23i1.10752

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran (1st ed.). Puri Cipta Media.

Yanto, M., & Syaripah, S. (2018). Penerapan Teori Sosial dalam Menumbuhkan Akhlak Anak Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rejang Lebong. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2218

Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.235

Downloads

Date published articles:

2023-05-01

Cite on this Journal:

Bonggalangi, B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDK 016 Rantepongko Kabupaten Mamasa. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(1), 13–24. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/277