Pengaruh Aplikasi Al-Qur’an Digital terhadap Minat Membaca Al-Qur’an pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Palopo

Authors

  • Mar’atun Salihah Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Arifuddin Arifuddin Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Aishiya Saputri Laswi Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

Keywords:

Al-Qur’an Digital, Minat membaca Al-Qur’an, Mahasiswa PAI

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh aplikasi Al-Qur’an digital terhadap minat membaca Al-Qur’an pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Palopo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital serta sejauh mana pengaruhnya terhadap minat membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto, yang bertujuan mengungkap hubungan antara variabel tanpa melakukan manipulasi langsung. Populasi penelitian terdiri dari 127 mahasiswa angkatan 2024, dengan sampel sebanyak 56 mahasiswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket, kemudian dianalisis dengan regresi sederhana menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital sebesar 62,5%, sementara pengaruh aplikasi tersebut terhadap minat membaca Al-Qur’an mencapai 43,3%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan teknologi digital memiliki kontribusi signifikan dalam meningkatkan minat mahasiswa dalam membaca wahyu ilahi, meskipun tetap diperlukan pendekatan komplementer untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran keagamaan secara menyeluruh.

References

Amalia, D., Rahmawati, N., & Zulkarnain, M. (2025). Peran aplikasi Al-Qur’an digital dalam meningkatkan minat membaca di kalangan mahasiswa. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2). https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/ index.php/majim/article/view/3923

Ayu, Y. (2024). Analisis kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an mahasiswa PAI dalam konteks persiapan masa depan sebagai pengajar Al-Qur’an bagi peserta didik. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 9(1), 105–114. https://doi.org/10.15642/joies.2024.9.1.85-104

Firdaus, M. Y., Alfathah, S., & Rusmana, D. (2022). Komodifikasi Al-Qur’an dalam media digital. Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith, 12(2), 243–260. https://doi.org/10.15642/mutawatir.2022.12.2.243-260

Fitri, A., Prasetyo, R., & Maulana, S. (2023). Dasar-dasar statistika untuk penelitian. Yayasan Kita Menulis.

Hermawan, W. (2023). Tadabur Al-Qur’an sebagai upaya literasi beragama di era digital. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.8998

Ihsan, M., Abdullah, R., & Syamsuddin, I. (2023). Gambaran nilai pendidikan Islam dalam tradisi Mappanre Temme’ masyarakat Desa Balambano Luwu Timur. Jurnal Sinestesia, 13(1), 233–244.

Isabellapavytha, V., Munawaroh, A., & Munawir. (2023). Kurangnya minat remaja dalam belajar Al-Qur’an akibat pengaruh canggihnya teknologi informasi. Al-Mau’izhoh, 5(2), 460–475. https://doi.org/10.31949/am.v5i2.7535

Lukitasari, N., Saputra, R., & Dewi, M. P. (2025). Relevansi Pasal 28C ayat 1 UUD 1945 terhadap aliran progresivisme dalam membangun generasi pembelajar sepanjang hayat. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 11(10), 10. https://doi.org/10.9644/sindoro.v11i10.10139

Nursita, Tungga’, U. B., & Muhammad Ikhsan. (2025). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Hots Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 2(1), 69–75. https://doi.org/10.58230/ijier.v2i1.211

Olan, O., Supriyanto, S., & Ramdhani, M. A. (2019). Implementasi aplikasi Al-Qur’an digital pada siswa kecanduan gadget. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 330–349. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i3.797

Rahmi, A., Iman, B., & Ilham, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Kelas Viii Smp Negeri 5 Kolaka Utara. Edutech: Jurnal Pendidikan Dan https://pustaka.my.id/journals/edutech

/article/view/190

Supriadi, G. (2021). Statistik penelitian pendidikan. UNY Press.

Wahyudi, E. (n.d.). Metode baca tulis Al-Qur’an.

Downloads

Date published articles:

2025-02-03

Cite on this Journal:

Salihah, M., Arifuddin, A., & Laswi, A. S. (2025). Pengaruh Aplikasi Al-Qur’an Digital terhadap Minat Membaca Al-Qur’an pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Palopo. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(4), 451–455. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/409