Pengembangan Media Pembelajaran Smart Tree pada Materi Nama Malaikat Beserta Tugasnya di Kelas III SDN 430 Pandoso
Keywords:
Media Pembelajaran Smart Tree, Nama-nama Malaikat dan Tugasnya, motivasi belajar, pembelajaran PAIAbstract
Artikel ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran Smart Tree pada materi nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri (SDN) 430 Pandoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan media Smart Tree, menguji validitas media Smart Tree, serta menguji efektivitas media Smart Tree dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri (SDN) 430 Pandoso. Jenis penelitian ini adalah research & development (penelitian & pengembangan) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, desain (perencanaan), pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 430 Pandoso. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, lembar kuesioner validitas, lembar kuesioner motivasi belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data validitas dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Smart Tree yang dikembangkan memperoleh hasil validasi dari ahli media sebesar 73% dengan kategori "cukup valid", validasi dari ahli materi sebesar 92% dengan kategori "sangat valid", dan validasi dari ahli pembelajaran sebesar 86%. Motivasi belajar siswa setelah menggunakan media ini memperoleh persentase sebesar 87% dengan kategori "tinggi". Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Smart Tree pada materi nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya sangat valid dan efektif untuk digunakan.
References
Arifuddin. “Konsep Pendidikan Profetik (Melacak Visi Kenabian Dalam Pendidikan).” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 9.2 (2019)
Bustanul Iman. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menggunakan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Pada SMP Negeri Di Kecamatan Soreang Kota Parepare).” Jurnal Istiqra 7.1 (2019).
Dhita Koesno, 10 Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya Menurut Agama Islam, (2024).
Fakhrunnisaa, Nur. "Deskripsi Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Pengguna Media Pembelajaran Pop-Up Book." Jurnal Konsepsi 12.2 (2023)
Hasriadi, St. Marwiyah, Muhammad Ihsan, Arifuddin, Muh. Yamin, Muh. Zuljalal Al- Hamdany, dan Dewi Mustika Putri. "Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Lingkungan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Pengkendekan Luwu Utara." Madaniya 4.2 (2023).
Iman, B. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menggunakan Media Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Pada SMP Negeri Di Kecamatan Soreang Kota Parepare). Jurnal Istiqra, 7(1).
Munir Yusuf. “Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 8.1 (2019)
Nurul Qomariyah, “Pengembangan Media Smart Tree Untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Halus Kelompok A TKM NU 295 Roudlotun Nafilah Griya Peganden Asri” JIEEC, Vol,3,No,1 (Jauari 29,2021).https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/2248
Syahrizal Akbar, Desy Oktarina Siahaan, Nazmi Ar Rahman, Elly Lumbansiantar, Dewi Hernawati Sihombing, Media Smart Tree Dalam Pembelajaran Menulis PuisiI Siswa SMP HKBP SEI MATI Kelas VIII A Tahun Ajaran 2018/2019,
Yusril Samalanga, “Pengertian Malaikat, Nama, Tugas, Sifat dan Orang-orang yang didekati atau dijauhi oleh Malaikat,” (2016)