Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA di Kelas IV SDN 115 Lanosi Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur

Authors

  • Febriani Ehrick Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Mardi Takwim Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Bungawati Bungawati Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Minat Belajar, Media Pembelajaran, game edukasi

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai penelitian pemanfaatan media pembelajaran berbasis game edukasi dalam meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas 4 SDN 115 Lanosi Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur, penelitian ini bertujuan untuk mengetrahui gambaran aktivitas minat belajar IPA pada siswa dan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa SDN 115 Lanosi Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur melalui media pembelajaran berbasis game edukasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkam bahwa pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 40,62% (kurang), pertemuan II sebesar 43,75% (kurang) dan pertemuan III sebesar 59,37% (cukup). Persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 41,91% (cukup). Pada siklus II gambaran aktivitas belajar siswa pertemuan I mendapatkan persentase sebesar 68, 75% (baik), pertemuan II sebesar 87,5% (baik) dan pertemuan III SEBESAR 100% (samgat baik). Adapun persentase meningkatnya minat belajar IPA siswa pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 50,95% (sangat rendah) dan nilai rata-rata siklus II sebesar 91% (sangat baik). Berdasarkan hasil persentase aktivitas belajar dan peningkatan minat belajar IPA siswa menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan minat belajar IPA menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi.

References

Alfaizi, F. F., Airohmah, Y., & Anbiya, B. F. (2023). Analisis Konsep, Teori Teknologi Informasi Dan Implikasinya Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran PAI Di Indonesia: Sistematik Literatur Riview. Jurnal Sosial Teknologi, 3(11), Article 11. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.985

Basari, J., & Siew, N. M. (2022). Kerangka Pemupukan Kemahiran Berfikir Aras Tinggi dalam Pengajaran dan Pembelajaran Matematik Tambahan. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(3), Article 3. https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i3.1348

Defriansyah, D., Sari, D. P., & Puspitasari, R. (2023). Motivasi dan Keterlibatan dalam Lingkungan Belajar Digital: Wawasan dari Psikologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3). https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/407

Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207

Dima, A., Kleden, M. A., & Atti, A. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Siswa Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM). Statistika, 23(2), Article 2. https://doi.org/10.29313/statistika.v23i2.2642

Hidayati, T., & Budiarti, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Game Edukasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Anak Bangsa. Al-Abyadh, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i1.502

Hisbullah, H., Nadirah, S., Aniati, A., & Rahman, A. (2022). Construction And Validity Of The Hypnoteaching-Based Learning Model: A Development Study In Elementary Schools. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), Article 03. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4796

Ihwa, A., Salmilah, & Hisbullah. (2023). Penggunaan Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 11(4), 517–528.

Janawi, J. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i2.1236

Juhaeni, J., Cahyani, E. I., Utami, F. A. M., & Safaruddin, S. (2024). Pengembangan Media Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah | Journal of Instructional and Development Researches. Journal of Instructional and Development Researches, 3(2), 58–66. https://doi.org/10.53621/jider.v3i2.225

Lusiana, P. (2023, August 2). Pengaruh Locus of Control dan Motivasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Universitas Lampung [Skripsi]. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS. https://doi.org/10/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Manu, G. A. (2023). Memahami Pendidikan Secara Komprehensif-Integratif Melalui Tokoh Romo Mangun. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i4.372

Mawaddah, A. W. A., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Mukhoiyaroh, M. (2022). Academic persistence: Kajian psikologi lintas budaya [Teaching Resource]. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2681/

Nurfaizi, M. I. (2022). Pengaruh Etika Kerja Islami Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Job Performance Dimediasi Motivasi Intirnsik [Thesis, Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39627

Pranyata, Y. I. P. (2023). Kajian Teori Konstruktivis Sosial dan Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), Article 2.

Priyoaji, K. S. (2023). Gifted Underachiver: Analisis Self-Determination Theory. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11327

Utami, S., Santoso, G., Prihatin, F., & Suwardono. (2023). Peningkatan Prestasi literasi Siswa dalam Menyampaikan Pendapat dengan Bernalar Kritis, Komunikasi, Logis, dan Argumentatif di Kelas 6. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.618

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.470

Downloads

Date published articles:

2024-02-01

Cite on this Journal:

Ehrick, F., Takwim, M., & Bungawati, B. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA di Kelas IV SDN 115 Lanosi Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 321–336. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/307