Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA di Kelas IV SDN 115 Lanosi Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur
Keywords:
Minat Belajar, Media Pembelajaran, game edukasiAbstract
Skripsi ini membahas mengenai penelitian pemanfaatan media pembelajaran berbasis game edukasi dalam meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas 4 SDN 115 Lanosi Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur, penelitian ini bertujuan untuk mengetrahui gambaran aktivitas minat belajar IPA pada siswa dan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa SDN 115 Lanosi Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur melalui media pembelajaran berbasis game edukasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkam bahwa pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 40,62% (kurang), pertemuan II sebesar 43,75% (kurang) dan pertemuan III sebesar 59,37% (cukup). Persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 41,91% (cukup). Pada siklus II gambaran aktivitas belajar siswa pertemuan I mendapatkan persentase sebesar 68, 75% (baik), pertemuan II sebesar 87,5% (baik) dan pertemuan III SEBESAR 100% (samgat baik). Adapun persentase meningkatnya minat belajar IPA siswa pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 50,95% (sangat rendah) dan nilai rata-rata siklus II sebesar 91% (sangat baik). Berdasarkan hasil persentase aktivitas belajar dan peningkatan minat belajar IPA siswa menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan minat belajar IPA menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi.
References
Alfaizi, F. F., Airohmah, Y., & Anbiya, B. F. (2023). Analisis Konsep, Teori Teknologi Informasi Dan Implikasinya Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran PAI Di Indonesia: Sistematik Literatur Riview. Jurnal Sosial Teknologi, 3(11), Article 11. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.985
Basari, J., & Siew, N. M. (2022). Kerangka Pemupukan Kemahiran Berfikir Aras Tinggi dalam Pengajaran dan Pembelajaran Matematik Tambahan. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(3), Article 3. https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i3.1348
Defriansyah, D., Sari, D. P., & Puspitasari, R. (2023). Motivasi dan Keterlibatan dalam Lingkungan Belajar Digital: Wawasan dari Psikologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3). https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/407
Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207
Dima, A., Kleden, M. A., & Atti, A. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Siswa Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM). Statistika, 23(2), Article 2. https://doi.org/10.29313/statistika.v23i2.2642
Hidayati, T., & Budiarti, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Game Edukasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Anak Bangsa. Al-Abyadh, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i1.502
Hisbullah, H., Nadirah, S., Aniati, A., & Rahman, A. (2022). Construction And Validity Of The Hypnoteaching-Based Learning Model: A Development Study In Elementary Schools. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), Article 03. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4796
Ihwa, A., Salmilah, & Hisbullah. (2023). Penggunaan Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 11(4), 517–528.
Janawi, J. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i2.1236
Juhaeni, J., Cahyani, E. I., Utami, F. A. M., & Safaruddin, S. (2024). Pengembangan Media Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah | Journal of Instructional and Development Researches. Journal of Instructional and Development Researches, 3(2), 58–66. https://doi.org/10.53621/jider.v3i2.225
Lusiana, P. (2023, August 2). Pengaruh Locus of Control dan Motivasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Universitas Lampung [Skripsi]. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS. https://doi.org/10/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
Manu, G. A. (2023). Memahami Pendidikan Secara Komprehensif-Integratif Melalui Tokoh Romo Mangun. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i4.372
Mawaddah, A. W. A., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303
Mukhoiyaroh, M. (2022). Academic persistence: Kajian psikologi lintas budaya [Teaching Resource]. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2681/
Nurfaizi, M. I. (2022). Pengaruh Etika Kerja Islami Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Job Performance Dimediasi Motivasi Intirnsik [Thesis, Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39627
Pranyata, Y. I. P. (2023). Kajian Teori Konstruktivis Sosial dan Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), Article 2.
Priyoaji, K. S. (2023). Gifted Underachiver: Analisis Self-Determination Theory. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11327
Utami, S., Santoso, G., Prihatin, F., & Suwardono. (2023). Peningkatan Prestasi literasi Siswa dalam Menyampaikan Pendapat dengan Bernalar Kritis, Komunikasi, Logis, dan Argumentatif di Kelas 6. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.618
Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.470