Pengembangan Lembar Kerja Siswa Tema Selamatkan Mahkluk Hidup Berbasis Ayat-ayat Al-Qur’an di Sekolah Dasar
Keywords:
Pengembangan, LKS, Berbasis Ayat-ayat Al-Qur’anAbstract
Penelitian ini bertujuan: mengetahui hasil analisis kebutuhan, mengetahui hasil validitaas, praktikalitas, efektifitas dan evaluasi. Penelitian ini berjenis Research and Devolopment (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas empat tahap yakni (1) tahap Analysis, (2) tahap Design, (3) tahap Devolopmen, (4) tahap Implementation, (5) tahap evaluation. Penelitian ini di laksanakan di UPT SD Negeri 174 Petta Malangke, dengan sebagai subjek pada penelitian yakni siswa kelas VI SD Negeri 174 Petta Malangke. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar wawancara dan angket siswa yang dijabarkan dengan analsis statistik deskriptif. sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus liker’s. Hasil penelitian menunjukan hasil validitas oleh ahi bahasa 75% (cukup valid), hasil validitas oleh ahli materi 83,33% (cukup valid), dan hasil validitas oleh ahli keagaaman/tafsir ayat-ayat Al-Qur’an 85% (cukup valid). Sedangkan untuk hasil penelitian pada uji coba produk untuk mengetahui tingkat praktikalitas memperoleh rata-rata sebesar 85,33% (sangat praktis) dan hasil uji efektifitas sebesar 90% (Sangat Efektif).
References
Adnan Amal, Taufik. 2013. Rekonstruksi Sejarah Al-Quran. Jakarta: PT Pustaka Alvabet.
Agama, Kementerian. 2018. Al-Qur’an Al-Karim. Bogor: Unit Percetakan Al-Qur’an.
Ali Aziz, Moh. 2018. Mengenal Tuntas Al-Qur’an. Surabaya: IMTIYAZ.
Arfah, Muhammad. 2019. “Pembelajaran Berbasis Pendekatan Religius Dalam Meningkatkan Akhlak Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah” 2 (2). https://doi.org/http://ejournal-iainpalopo.ac.id./PiJIES.
Dipenegoro, Ahmad Muhammad. 2015. “Validitas Konstruk Skala Afektif.” Jurnal Psikologi Indonesia Vol. 2. No: 64.
Edhy Rustam, Nurul Hanifah, Bulu. 2018. “De-Radicalization in the Implementation Of Islamic Education Curiculum in SMA Masamba South Sulawesi.” Dinamika Ilmu 18. No.2: hal. 276.
Fitra, Julsyam, and Hasan Maksum. 2021. “Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Powntoon Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4 (1): 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524.
Fitri, Rahmadhani, Ramadhan Sumarmin, and Yuni Ahda. 2014. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Biologi Berorientasi Pendekatan Kontekstual Pada Materi Pewarisan Sifat Untuk Kelas IX.” Jurnal Penelitian Pendidikan 5 (1): 55–64.
Handikha, I Made Dwika, Anak Agung Gede Agung, and I Gde Wawan Sudatha. 2013. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Luther Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 Di SMP Negeri 1 Marga Kabupaten Tabanan Jurusan Teknologi Pendidikan , FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.” Jurnal Edutech Undiksha 1 (2): 10.
Hidayah, Nor. 2017. Pengembangan Lks Berbasis Integrasi Islam Dan Multiple Intelligences Pada Materi Pewarisan Sifat Kelas IX Semester 2. Semarang: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo.
Ibnul, Qoyyim Putra, Susilowati, S. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Developing Of Instructional Materials For Science Integrated With Islamic Values For Increasing Science Learning Output” 3. No1: 78–88.
Munir, Nilam Permatasari. 2018. “Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Konstruktivisme Dengan Media E - Learning Pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo” 6 (2): 167–78.
Nurhayati, Pipih. 2017. “Pengembangan Lembar Kerja Pembelajaran IPA Berbasis Al-Qur’an Untuk Siswa MI” 4 (1): 61–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1463.
Nursulistiyo, Eko, Dian Artha Kusumaningtyas, and Arianti Dina Puspitasari. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keunggulan Teknologi Dan Dijiwai Nilai Islam Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X” VI (1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i1.1007.
Syani, Rara Salsabila, Fatwa Tentama, Ahmad M Diponegoro, Magister Psikologi, Fakultas Psikologi, and Universitas Ahmad. 2021. “Validitas Dan Reliabilitas Konstruk Skala Kepuasan Kerja Guru.” Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi 10 (2): 91–99.
Widodo, Prasetyo Budi. 2006. “Rehabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia.” Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro 3 (1): 1–9.
Wijayanti, Frieda. 2014. Pengembangan LKS IPA Berbasis Multiple Intelligences Pada Tema Energi Da Kesehatan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.