Hubungan Antara Kebugaran Jasmani dan Tes Evaluasi Pembelajaran Keterampilan dengan Kemampuan Bermain Bulutangkis pada Siswa MTs Negeri Palopo
Kata Kunci:
Kebugaran Jasmani, Tes Evaluasi Belajar, BulutangkisAbstrak
Penelitian ini mengakaji tentang; 1) Adakah hubungan kebugaran jasmani dengan keterampilan bulutangkis pada siswa MTs Negeri Palopo? 2) Apakah ada hubungan antara ujian penilaian keterampilan bulu tangkis dengan kemampuan bermain bulu tangkis siswa di MTs Negeri Palopo? 3) Adakah hubungan tes penilaian kebugaran jasmani dan keterampilan bulu tangkis dengan kemampuan bermain bulu tangkis siswa MTs Negeri Palopo? Dan 4) Seberapa besar sumbangan kebugaran jasmani dengan tes penilaian penguasaan keterampilan bulutangkis dan kemampuan bermain bulutangkis pada siswa MTs Negeri Palopo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan mengambil sampel delapan siswa. Penelitian ini menggunakan tes survei dengan dua faktor yang saling berinteraksi. Alat penelitian terdiri dari 1) evaluasi kebugaran jasmani dengan menggunakan tes kebugaran jasmani bahasa Indonesia untuk remaja usia 16 sampai dengan 19 tahun. 2) Pengukuran ujian penilaian pembelajaran keterampilan bulutangkis menggunakan tes kecakapan bulutangkis 3) Evaluasi keterampilan bulutangkis pemain melalui pertandingan antara dua atau lebih lawan. Data yang terkumpul dalam penelitian ini akan diteliti dengan menggunakan metode statistik. Statistik deskriptif akan digunakan sebagai teknik statistik. Peneliti dapat menarik kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut: 1) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan kemampuan bermain bulu tangkis pada siswa MTs Negeri Palopo; 2) Tidak ada hubungan yang signifikan antara tes evaluasi belajar keterampilan bulutangkis dengan kemampuan bermain bulutangkis pada siswa MTs Negeri Palopo, 3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara tes kebugaran jasmani dengan tes evaluasi belajar bulutangkis, dan 4) tidak ada sumbangan antara variabel independen dengan variabel dependen
Referensi
Aji, D. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Colours Paper Terhadap Keterampilan Pukulan Service Panjang Forehand Bulutangkis Pada Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis di MAN 3 Blitar. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 8(1), Art. 1.
Alifyah, H., & Abdulloh, A. (2021). Analisis Karakteristik Permainan Bulutangkis Tunggal Putra dan Tunggal Putri. Jurnal Olahraga Kebugaran dan Rehabilitasi (JOKER), 1(1), 72–77.
Darisman, E. K., Prasetiyo, R., & Bayu, W. I. (2021). Belajar psikologi olahraga sebuah teori dan aplikasi dalam olahraga. Jakad Media Publishing.
Hasriadi, H. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Pendidikan Agama Islam terhadap Mata Kuliah Teknik Pembelajaran Berbasis IT. Jurnal Konsepsi, 10(4), 371–381.
Jatmika, D., & Linda, L. (2017). Efektivitas Pelatihan Pengelolaan Kecemasan Terhadap Kecemasan Berkompetisi Pada Atlet Bulu Tangkis Remaja. Psibernetika, 9(2), Art. 2. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v9i2.462
Kusuma, L. S. W. (2022). Metode Latihan Crossfit Sebagai Program Pembinaan Fisik Bulutangkis. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(12), Art. 12.
Lengkana, A. S., & Muhtar, T. (2021). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. CV Salam Insan Mulia.
Pratama, N. E., Mintarto, E., Kusnanik, N. W., & Pratama, N. E. (2018). The influence of ladder drills and jump rope exercise towards speed, agility, and power of limb muscle. Journal of Sports and Physical Education, 5(1), 22–29.
Santoso, D. A. (2016). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmaniatlet Bolavoliputriuniversitas Pgribanyuwangi. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 1(1).
Subarjah, H. (2016). Hubungan antara Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. SOSIOHUMANIKA, 9(1).
Zhannisa, U. H., & Sugiyanto, F. X. (2015). Model tes fisik pencarian bakat olahraga bulutangkis usia di bawah 11 tahun di DIY. Jurnal Keolahragaan, 3(1), 117–126.
Unduhan
Date published articles:
Cite on this Journal:
Terbitan
Bagian
License & Copyright

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.