Penerapan Punishment Pendidikan terhadap Pelanggaran Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rahmawati Rahmawati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Keywords:

Punishment Pendidikan, Kedisiplinan, Siswa SDN 635 Pasapa

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berbentuk deskriptif kuantitatif yang menganalisis data secara mendalam berdasarkan angka/persentase dalam menganalisis data. yang menjadi populasi dalam penelitian ini seluruh guru PAI, Seorang Kepala Sekolah, dan Siswa sebanyak 63. Jadi jumlah sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 23 orang yang terdiri dari 17 siswa kelas VI (enam), 1 orang kepala sekolah 5 guru yang ada di SDN 635 Pasapa Desa Tampa Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu. Adapun hasil penelitian yakni: 1 Tidak semua guru yang ada di SDN 635 Pasapa Desa Tampa Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu setuju dengan penerapan punishment pendidikan. 2. Bentuk punishment yang diterapkan di SDN 635 Pasapa Desa Tampa Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu yaitu: Hukuman berupa penundaan dalam memberikan penghargaan, Hukuman berupa pencabutan hak istimewa siswa, Hukuman berupa mengeluarkan dari kelas atau time out, Hukuman berupa skorsing. 3. Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan punishment pendidikan terhadap pelanggaran kedisiplinan  siswa di SDN 635 pasapa desa tampa kecamatan ponrang kabupaten luwu yaitu: kurangnya dukungan dari orang tua atas penerapan punishment pendidikan, sulitnya memahami karakter anak, dan adanya pro dan kontra di kalangan guru yang ada di SD 635 Pasapa Desa Tampa Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu.

References

Ahmadi. Abu, Pengantar Metode Didaktik Untuk Guru dan Calon Guru, Bandung: Armico, 1989.

Alfian, E., Kaso, N., Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 54-64.

Aly. Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1999.

Arifin. M., Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Amini. Ibrahim, Agar Tak Salah Mendidik, Jakarta: al-Huda, 2006.

Arikunto. Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Cet. X; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

B. Hurlock. Elizabeth, , Perkembangan Anak, jilid II, Jakarta: Erlangga, 1989.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. III; Jakarta: Balai Pustaka, 2008.

Durkheim. Emile, Pendidikan Moral, Suatu Study Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Erlangga, 1961.

Efendi, E., Nurdin, K., & Baderiah, B. (2020). Humanist Education: Its Implementation on Scavengers Children’s at TPA Mancani Palopo City. International Journal of Asian Education, 1(3), 155-168.

Fatmawati, F., Hasbi, H., & Nurdin, K. (2020). Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369-383.

Hakim. Lukman, Kamus Ilmiah Istilah Populer, Cet. I; Surabaya: Terbit Terang, 1994.

Ilham, D. (2019). Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City. Jurnal Konsepsi, 8(1), 1-9.

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.

Kartono. Kartini, Pengantar Ilmu Pendidikan Teoritis (Apakah Pendidikan Masih Diperlukan), Bandung: Mandar Maju, 1992.

Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98.

Mujib. M. Abdul, dkk., Kamus Istilah Fiqih, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1994.

Moleong. Lexi J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XXIX; PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Muchtar. Heri Jauhari, Fiqh Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2005.

Nur. Muhammad, Abdul Hafidh Suwaid, Mendidik Anak bersama Nabi, Solo: Pustaka Arafah, 2004.

Nurdin, K., Muh, H. S., & Muhammad, M. H. (2019). The implementation of inquiry-discovery learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(1).

Nizar. Samsul, Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Purwanto. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoris dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

Rifuddin, B., Ilham, D., & Nurdin, K. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education (IJAE) by READ Institute, 1(2), 81-94.

Sastrapraja. M., Kamus Istilah Pendidikan dan Umum, Surabaya: Usaha Nasional, 1981.

Scaefer. Charles, Bagaimana Mendidik dan Mendisiplinkan Anak, Medan: Kompas IKIP, 1979.

Surya. Mohammad, Bina Keluarga, Semarang: Aneka Ilmu Anggota IKAPI, 2003.

Surya. Muhammad, Bina Keluarga, Semarang : Aneka Ilmu Anggota IKAPI, 2003.

Sujana, Metodik Statistik, Cet. V ; Bandung : PN. Tarsito, 1993.

Sumanto¸ Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Cet. I; Yogyakarta: Andi Offset, 1995

Downloads

Date published articles:

2021-02-01

Cite on this Journal:

Rahmawati, R. (2021). Penerapan Punishment Pendidikan terhadap Pelanggaran Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 9(4), 198–208. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/76