Upaya Guru Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Authors

  • Muhtar Muhtar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
  • Helmi Kamal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
  • A. Sukmawati Assaad Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Keywords:

Konsentrasi Belajar, Peserta Didik, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Adapun yang menjadi pokok penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsentrasi belajar peserta didik di SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu, 2) Faktor apa yang menghambat konsentrasi belajar peserta didik di SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu, 3) Bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik di SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menganalisa data secara mendalam berdasarkan angka/persentase. Adapun hasil penelitian yakni: 1. Konsentrasi Belajar Peserta Didik Di SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu masih rendah, 2. Faktor yang Menghambat Konsentrasi Belajar Peserta Didik di SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten luwu yaitu: a. Faktor masalah dari rumah, b. Faktor sarana dan prasarana, c. Metode yang digunakan membosankan, d. Faktor Lingkungan. 3. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Di SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu meliputi: a. Membantu menyelesaikan masalah peserta didik dengan berkomunikasi dengan orang tuanya, b. Mengadakan perbaikan saran dan prasaran dengan mengajukan permohonan kepada pemerintah daerah, c. Mengadakan kegiatan dalam rangka meningkatkan penggunaan metode pembelajaran seperti workshop manajemen penggunaan metode pembelajaran, manajemen kelas dan lain sebagainya, d. Meminimalisir pengaruh dari luar dengan cara memberikan aturan kepada siswa untuk tidak membuat keributan pada saat kelas lainnya sedang belajar, serta mengadakan pertemuan dengan warga untuk membahas masalah keributan yang dapat mengganggu suasana konsentrasi siswa pada saat proses belajar mengajar, e. Berusaha memahami kondisi atau karakter peserta didik.

References

Ahmadi. Abu. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Ali. Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Cet. 8; Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1992.

Arikunto. Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Cet. X; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Baderiah, B., & Ilham, E. D. (2015). Reorientasi Pendidikan Islam dalam Perspektif Akhlak Era Millenium Ketiga. Laskar Perubahan.

Daradjat, Zakiah. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang, 2005.

Djamrah. Syaiful Bahri. Guru dan Anak didik Dalam Interaksi Edukatif. Cet. I, Jakarta : PT. Renika Cipta, 2000.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: PT. J-Art, 2005.

Firman, F., Rustan, S., Sukirman, S., & Nasaruddin, N. (2015). Program Percepatan Penuntasan Buta Aksara terhadap 100 Warga Belajar pada Masyarakat Pesisir Malangke Kab. Luwu Utara Sulawesi Selatan. IQRA-Jurnal Pendidikan, 3(2), 38-50.

Firman, F. (2014). Penerapan Teknik Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Iqra, 2(1), 42.

Flangan. Hand Book of Psykologycal. Lettle Field, Adams and Co, Jersey, 1965.

Haditono. Sitti Rohayu. Kesukaran-kesukaran dalam Belajar. Yogyakarta: Yayasan Peneribitan Fakultas Psikologi, UGM, 1972.

Hadi. Sutrisno, Metodologi Research. Cet. XXIII; Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fak. Psikologi UGM. 1990.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Ilham, D. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan pada Mata Pelajaran Umum dalam Upaya Peningkatan Akhlak Peserta Didik di MAN Malili Kabupaten Luwu Timur (Doctoral dissertation, STAIN/IAIN Palopo).

Isjoni. Guru Sebagai Motivator Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Jalaluddin dan Usman Said. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996).

Levitt, Irene. Brain Writing! Perkaya Hidup Anda Melalui Analisis Tulisan Tangan. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia, 2004.

M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam. Cet IV; Jakarta : Bumi Aksara, 1994.

Manyu. Soli Abi. Diagnostik Kesulitan Belajar, Ujung Pandang, FIP –IKIP, 1980.

Marisson And Intire MC, The Social Psychology of Teaching. Pengium Edition, Englad, 1975.

Mustamin, Psikologi Pendidikan, “Diktat”, Ujung Pandang : Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin Ujungpandang, 1994.

Nasution. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Nurdjan, S. (2015). Korelasi antara Aspek Pembelajaran Kreatif Produktif dan Hasil Kemampuan Menulis Akademik (Karya Tulis Ilmiah) Mahasiswa IAIN Palopo. LP2M IAIN Palopo: Palopo.

Nurdjan, S. (2015). Cara Kreatif Menulis Karya Ilmiah. Makassar: Aksara Timur.

Prayitno. Seri Latihan Keterampilan Belajar, Kemampuan Menjalankan Perkuliahan Secara Efektif. Jakarta: Tim Pengembangan 3SCPD Proyek PGSM Dikti Dekdikbud, 1997.

Partowisastro. Koestoer, Dignosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar, Jakarta:Erlangga, 1982.

Shaleh, M., & Firman, S. P. (2018). Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Penerbit Aksara Timur.

SM, Ismail. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM : Pembelajaran Aktif, Inovasi, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Semarang: Rasail Media Group, 2008.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet. IX; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Soeitoc. Psikologi Pandidikan. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1973.

Simanjuntak, Pengajaran Berhasil, (Jakarta:Universitas Indonesia, 1972),h.321

Surachmat. Winarno, Dasar dan Tehnik Resrt Mengantar Metodologinya. Bandung : Tarsito, 1973.

Soewondo. Soetina. Didaktik II.Ujung Pandang: Bulu Lowa,1976.

Sujana, Metodik Statistik. Cet. V ; Bandung : PN. Tarsito, 1993.

Sumanto¸ Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Cet. I; Yogyakarta: Andi Offset, 1995.

Sudjana. Nana, Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Cet. III; Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1996.

Sujono. Anas, Statistik Pendidikan. Cet. VI; Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1995.

Walgito. Bimo. Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah. Yogyakarta: FIP-IKIP,1972.

Downloads

Date published articles:

2019-05-01

Cite on this Journal:

Muhtar, M., Kamal, H. ., & Assaad, A. S. . (2019). Upaya Guru Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar . Jurnal Konsepsi, 8(1), 10–18. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/74