Manajemen Sumber Daya Manusia pada Kualitas Kerja Guru MAN Tana Toraja

Authors

  • Misna Wahyuni Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Fauziah Zainuddin Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Firmansyah Firmansyah Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

Keywords:

Manajemen Sumber Daya Manusia, Kualitas Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Relevansinya Pada Kualitas Kerja Guru di Man Tana Toraja. Penelitian ini bertujuan:  Untuk mengetahui dan memahami kualitas kerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja; Untuk mengetahui dan memahami manajemen sumber daya manusia di Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja; untuk mengetahui dan memahami faktor penghambat dan pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenalogi dan deskriptif. Dengan jenis penelitian lapangan dengan format desain deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja di Kabupaten Tana Toraja, sulawesi selatan. Sumber data diambil dari observasi, hasil wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan 5 guru di Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)kualitas kerja guru di Madrasah Aliyah Negeri  Tana Toraja sudah cukup baik, namun ada beberapa guru belum maksimal memanfaatkan teknologi digital dalam  meningkatkan kualitas kerja guru kerena di Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja. Kurangnya sarana dan prasarana, serta kurangnya kesadaran pada guru. (2)Manajemen sumber daya manusia di Madrasah Aliyah Negeri  Tana Toraja dilaksanakan dengan menggunakan fungsi manajemen yang terdiri dari beberapa tahap, mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. (3) Faktor pendukung dan penghambat manajemen sumber daya manusia dan relevansinya pada kualitas kerja guru di Madrasah Aliyah Negeri  Tana Toraja yaitu faktor pendukung meliputi; Kepemimpinan sekolah yang efektif, kerja sama antar kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan para guru serta semangat dan motivasi. Sedangkan  faktor penghambat yaitu beberapa guru  masih cukup kurang dalam menggunakan atau mengoprasikan teknologi serta kurangnya kesadaran diri pada beberapa guru dan masih kurang cukup sarana dan prasarananya.

References

Adawiah, R., Aswar, N., & Warda, A. R. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DALAM PEMBELAJARAN MODEL DIRECT INSTRUCTION MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. DIRASATUL IBTIDAIYAH, 4(2), 213-225.

Anggrah, I., Hasbi, H., & Rosdiana, R. (2024). Development of Powerpoint-Based Learning Media in the Subject of Islamic Cultural History Class VII MTs Students Al-Qashash To’bia. Journal of Indonesian Islamic Studies, 4(1), 41–50. Retrieved from https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/jiis/article/view/5568

Aswar, N., Daud, D., Soares, A., Guntur, M., & Afdholis, A. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Siswa dalam Membuat Puisi melalui Metode Karyawisata di Sekolah Dasar An-Nur, Dili Timor Leste. Madaniya, 5(3), 928-936. https://doi.org/10.53696/27214834.880

Bintang, B., Muhaemin, M., Mirnawati, M., Fauzia, R., Atmasudirja, I. P., & Da Costa, M. A. (2024). Development of Integrated Student Worksheets (LKPD) of Al-Quran Verses on the Subtheme of How the Body Processes Clean Air for Grade V MI Students: Development Study with 4D Model. Journal of Indonesian Islamic Studies, 4(1), 1–8. Retrieved from https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/jiis/article/view/5654

Bintang, B., Muhaemin, M., & Mirnawati, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Subtema Cara Tubuh Mengelolah Udara Bersih Terintegrasi Ayat-ayat Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(2), 95–108. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/285

Dewi, R., Thaha, H., Hutami, E. P., & Maeduereh, M. (2024). Development of Integrated Thematic Learning Modules of Islamic Values for Grade VI Students at Elementary Madrasahs. Journal of Indonesian Islamic Studies, 4(1), 9–18. Retrieved from https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/jiis/article/view/5656

Handayani, A. ., Yamin, M. ., Yusuf, M. ., Andayani, F. ., & Kaso, N. . (2023). Pengembangan E-LKPD Pendidikan Agama Islam Integratif E-Book pada Materi Wudhu Kelas IV UPT SDN 144 Salulemo. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(3), 137–148. Retrieved from https://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/289

Maraulang, M. (2024). Unraveling Islamic Fundamentalism and Radicalism: A Literature Review Perspective. Journal of Indonesian Islamic Studies, 4(1), 29–40. Retrieved from https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/jiis/article/view/5662

Nawas, M. Z. A., Aswar, N., & Ukkas, I. (2023, January). Fight Bullying: Assertive Counseling Techniques Build Self-Disclosure Skills for Victims. In PROCEEDING INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAM, LAW, AND SOCIETY (Vol. 2, No. 1).

Purnamasari, E. (2024). Values of Islam in The Local Wisdom of The Tomakaka Community of North Luwu, South Sulawesi. Journal of Indonesian Islamic Studies, 4(1), 19–28. Retrieved from https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/jiis/article/view/4950

Windi, W., Aswar, N., & Salmilah, S. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS VI DI SDN 54 SALUPIKUNG. DIRASATUL IBTIDAIYAH, 4(2), 171-180.

Downloads

Date published articles:

2024-11-23

Cite on this Journal:

Wahyuni, M. ., Zainuddin, F., & Firmansyah, F. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia pada Kualitas Kerja Guru MAN Tana Toraja . Jurnal Konsepsi, 13(2), 169–177. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/380