Pengembangan Media Audiovisual Materi Cerita Fiksi Tema Menjelejah Luar Angkasa Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Mustika Wulandari Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Penelitian Pengembangan, Media Audiovisual, Sawerigading

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar cerita fiksi Sawerigading berbasis media audio visual tema 9 menjelajah angkasa luar kelas VI SD Negeri 41 Batuputih kota Palopo,(2) Untuk mengetahui rancangan  pengembangan bahan ajar  cerita fiksi Sawerigading berbasis media audio visual tema 9 menjelajah angkasa luar kelas VI SD Negeri 41 Batuputih kota Palopo,(3) Untuk mengetahui validitas dan praktikalitas bahan ajar  cerita fiksi Sawerigading berbasis media audio visual tema 9 menjelajah angkasa luar kelas VI SD Negeri 41 Batuputih kota Palopo. Hasil penelitian menunjukkan (1) Analisis kebutuhan dari produk yang dikembangkan dalam bahan ajar cerita Fiksi Sawerigading berbasis Media Audio Visual yakni analisis masalah dan analisis kebutuhan. (2) Rancangan Media Audio Visual di SD Negeri 41 Batu putih Kota Palopo terdiri dari rancangan awal yaitu pembuatan peta materi dan pembuatan storyboad selanjutnya tahap pengembangan yaitu pemilihan karakter, penambahan materi,penambahan ikon dari software I Spring Suite, serta penambahan animasi. (3) Validitas pengembangan Media Audio Visual terdiri dari ahli materi dengan skor 95%, ahli media mendapat skor 100 % dan ahli bahasa dengan skor 90% serta semua masuk dalam kategori “sangat layak”. (4) Praktikalitas Media Audio Visual dari guru mendapat skor 100 % masuk dalam kategori “sangat praktis” dan untuk siswa mendapat skor 91 %  serta masuk dalam kriteria “ Sangat praktis.

References

Anggrayni, M. (2023). Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V di SDN 03 Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Journal On Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education, 4(3), 456–467.

Dul Abdul Rahman. (2012). La Galigo Napak Tilas Manusia Pertama di Kerajaan Bumi. DIVA Press.

Fallo, D. Y., & Mbena, R. (2023). Media Pembelajaran Interaktif dengan Media Ispring 9 Pada Mapel Matematika. Jurnal Pendidikan, 11(1), 46–54. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.3120

Friska, D. Y., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 251–258. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10544

Hairuddin, D., & Radmila, K. D. (2018). Hakikat Prosa dan Unsur-unsur Cerita Fiksi. Jurnal Bahasa, 1(1), 1–6.

I Made Tegeh, n I. M. K. (2013). Pengembangan bahan ajar metode penelitian dengan ADDIE Model. Jurnal IKA.

Irtawaty, A. S., Ulfah, M., Hadiyanto, H., & Suhaedi, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi I-Spring untuk Peningkatan Kualitas Teaching Method bagi Guru SMK di Balikpapan. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 66. https://doi.org/10.25077/logista.2.2.66-74.2018

Pongsibanne, L. (n.d.). Autensititas Budaya Bugis :Jejak Sawerigading sebagai Perekat bangsa dalam Epik I La Galigo. cv.Arti Bumi Antaran.

Salamah, I.-, Lindawati, L., Asriyadi, A., & Kusumanto, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru SD Negeri 130 Palembang Dalam Menyajikan Presentasi Atraktif Melalui Pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 52. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2197

Sastrakusumah, E. N. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Ispring Presenter Terhadap Kemampuan. 3.

Shaleh, M., & Mirnawati. (2020). Reinforcement Pendidikan Karakter Pada Modul Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Lokal Tana Luwu. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 139–150. https://doi.org/10.12928/jp.v4i2.1697

Siswa, B., Mi, S. /, & Vi, K. (2018). B uk u Te m at ik Te rp ad u K ur ik ul um 20 13 M e n j e la j a h A n g k a s a L u a r. http://buku.kemdikbud.go.id

Sukirman. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Konsepsi, 10(1), 17–27. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/4

Sururuddin, M., Burhanuddin, B., Zohrani, Z., & Dwi Safitri, A. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas Iv Sdn Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 139–147. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.2337

Tamrin, R. U., Bulutoding, L., Juardi, M. S. S., & Jannah, R. (2017). Makna Budata To Ciung Maccae Ri Luwu Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, VII(1), 1–24. https://doi.org/10.24252/jiap.v7i2.26849

Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159.

Downloads

Date published articles:

2024-11-23

Cite on this Journal:

Wulandari, M. (2024). Pengembangan Media Audiovisual Materi Cerita Fiksi Tema Menjelejah Luar Angkasa Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 13(2), 125–138. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/375