Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Dahsyatnya Persatuan dalam Ibadah Haji dan Umroh Kelas IX di SMPN 2 Bua Ponrang
Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Dahsyatnya Persatuan dalam Ibadah Haji dan Umroh di Sekolah Menengah Pertama
Keywords:
Pengembangan Media, Video Animasi, Materi Ibadah Haji dan UmrohAbstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran video animasi materi dahsyatnya persatuan dalam ibadah haji dan umroh kelas IX di SMPN 2 Bua Ponrang. Penenltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahap pengembangan media pembelajaran video animasi materi dahsyatnya persatuan dalam ibadah haji dan umroh kelas IX di SMPN 2 Bua Ponrang dan untuk mengembangkan tingkat kevalidan dan keperaktisan pengembangan media pembelajaran video animasi materi dahsyatnya persatuan dalam ibadah haji dan umroh kelas IX di SMPN 2 Bua Ponrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan yaitu model ADDIE dengan lima tahapan, Anlyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.2 yang berjumlah 31 orang dengan peserta didik beragama Islam sebanyak 29 peserta didik. Objek penelitian adalah bahan ajar berupa media pembelajaran video animasi yang dirancang yang dapat membantu proses belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Bua Ponrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obervaasi, wawancara, dokumentasi, angket dan lembar validasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran video animasi materi dahsyatnya persatuan dalam ibadah haji dan umroh yang divalidasi oleh 2 orang ahli, yaitu ahli materi dengan skor 82,5% (kategori sangat valid) dan ahli media mendapat skor 77,5% (kategori valid). Untuk uji praktikalitas diperoleh hasil dari pendidik mendapat skor 93,75%, (sangat praktis) dan untuk peserta didik mendapat skor 81,57% (praktis). Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidaan yang tinggi, maka produk yang dikembangkan oleh peneeliti layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah
References
ADI, A. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma It-Alfarabi Pesawaran, Lampung [Masters, UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. http://repository.radenintan.ac.id/21723/
Effendi, M. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40
Fachurin, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VII Semester Genap di MTsN 5 Kediri [Undergraduate, IAIN Kediri]. https://etheses.iainkediri.ac.id/2623/
Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Peserta didik Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424
Mahmudah, S. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. An Nabighoh, 20(01), Article 01. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131
Permana, M. S., Damiri, D. J., & Bunyamin. (t.t.). PEngembangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) BERBASIS Multimedia | Jurnal Algoritma. Diambil 13 Agustus 2024, dari https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/147
Prasetya, M. A. (2015). E-Learning Sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.797
Rahman, F., & Wahyuningtyas, A. (2023). Konsep dan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina dalam Membangun Karakter Peserta didik di Era Digitalisasi. Journal on Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.891
Solikah, A. N., & Susantini, E. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Materi Pewarisan Sifat untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 374–383. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p374-383
Tri Handayan, N., Nelson, N., & Amrullah, A. (2023). Upaya lembaga pendidikan dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter untuk membentuk akhlak peserta didik di ma al-muhajirin tugumulyo [Undergraduate, Institut Agama Islam Negeri Curup]. https://e-theses.iaincurup.ac.id/5595/
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2024 Lisnawati, A. Riawarda, M. Zuljalal Al Hamdany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.