Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Big Book
Keywords:
Media Big Book, Keterampilan Membaca PermulaanAbstract
Model pembelajaran menggunakan media Big Book adalah salah satu metode yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga mengakibatkan rendahnya antusiasme dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan media Big Book dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 668 Pompengan dan untuk menilai peningkatan keterampilan membaca permulaan yang dicapai melalui penggunaan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan 19 siswa kelas 1. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk siswa dan guru serta tes keterampilan membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Nilai rata-rata keterampilan membaca siswa pada tahap pratindakan adalah 59,47. Pada siklus I dan II, terjadi peningkatan signifikan; nilai rata-rata tes membaca meningkat menjadi 84,68 pada siklus II, dengan pencapaian KKM sebesar 94,73%.
References
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3). Jakarta: Bumi Aksara.
Aprizian, O. B. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SDN Pilang 01. Diakses pada tahun 2019.
Aryad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
B. Uno, H. (2019). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dalman. (2020). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Data, S. (2023). Wali Kelas 1 SDN 668 Pompengan Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu.
Departemen Agama RI. (2020). Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Djamarah, S. B. (2020). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Esa Nur Wahyunidan, & Baharuddin, H. (2020). Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Firman. (2018). Terampil Menulis Karya Tulis Ilmiah. Makassar: Aksara Timur.
Hakim, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penggunaan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Temanggalkelasan.
Lusiana, N. (2020). Pengembangan Media Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Kelas II SDN Candirejo 01 Batang.
Meliyawati. (2017). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish.
Mudjiono, & Dimyati. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Muhadi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Wajib Bagi Pendidik. Yogyakarta: Shira Media.
Mufidah, T. N. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Media Big Book Pada Siswa Kelas III SDN Negeri 1 Bero Klaten. Yogyakarta.
Muslich, M. (2022). Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research): Pedoman Praktis Bagi Guru Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nana Syaodih, S., & Ibrahium, R. (n.d.). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nilas, R. (2019). Pedoman Resmi UUD 1945 dan Perubahannya. Jakarta: Rineka Cipta.
Nur Istiqomah, M. (2021). Pengembangan Media Big Book Berbasis Dongeng Fabel Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Kota Jambi.
Olivia, F. (2018). Tools For Study Skills (Teknik Membaca Efektif). Jakarta: Gramedia.
Putra, R. M. S. (2018). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: Indeks.
Rahayu, W. (2023). Model Pembelajaran Komeks: Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Aspek Membaca Intensif di SD. Yogyakarta: Dheepublish.
Sadiman, A. S., dkk. (2018). Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrapindo Persada.
Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soedarso. (2022). Speed Reading (Sistem Membaca Cepat dan Efektif). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Persada.
Sunarti, & Subana, M. (2018). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia: Berbagai Pendekatan, Metode Teknik, dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Jaya.
Wiranata. (2010). Faktor Pendukung dan Penghambat Kemampuan Membaca Permulaan Murid Kelas II SDN Kraton Yogyakarta. Yogyakarta.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2024 Adriana Adriana, Nursyamsi Nursyamsi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.