Upaya Guru Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Kelas V MI Datok Sulaiman Putra Kota Palopo
Kata Kunci:
upaya guru, karakter disiplin siswaAbstrak
Penelitian ini membahas tentang upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa di kelas V MI Datok Sulaiman bagian putra Kota Palopo. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru wali kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa, serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi hambatan guru wali kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V MI Datok Sulaiman bagian putra Kota Palopo. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini berfokus pada upaya guru wali kelas V dalam membentuk karakter disiplim siswa kelas V bagian putra. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan analisis data yang melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang telah dilakukan oleh guru dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran diantaranya metode pembiasaan, metode keteladanan, metode bercerita atau mendongeng dan metode diskusi dapat merubah sikap dan perilaku siswa telah disiplin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa di kelas V MI Datok Sulaiman bagian putra Kota Palopo telah berhasil. Perubahan karakter disiplin siswa telah nampak seperti dengan datang ke sekolah tepat waktu, sebelum masuk kelas siswa melaksanakan apel pagi untuk bersiap melakukan pembacaan asma’ul husna dan setelah di dalam kelas selalu membaca doa sebelum belajar, setelah waktu sholat siswa selalu melaksanakan sholat secara berjamaah. Dan tidak hanya itu dilingkungan sekolah selalu lima S yakni senyum, salam, sapa, sopan dan santun. Ini merupakan hasil dari pembentukan karakter disiplin siswa kelas V MI Datok Sulaiman bagian putra Kota Palopo.
Referensi
Amelia, J. (2021). Peran Keteladanan Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa SMP Negeri 07 Lubuk Linggau [Masters, UIN Fatmawati Sukarno]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/7053/
Danik, E., & Superi. (2022). Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa pada Masa New Normal di SMK PGRI 1 Pacitan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.21137/jpp.2022.14.1.4
Hartanto, H. (2022). Manajemen Pendidikan Islam Dalam Peningkatan Kedisiplinan Santri Di PKBM Imam Muslim Islamic School Kec Taman Kab Sidoarjo. UNISAN JURNAL, 1(3), Article 3.
Hidayah, A. L. (2023). Upaya yang Dilakukan Guru dalam menanggulangi Kenakalan Siswa di Smpn 8 Tambun Selatan Bekasi [Thesis, Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/46233
Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1), Article 1. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/196
Martang, & Rahayu, H. (2023). Upaya Penanganan Problem Perilaku Negatif Peserta Didik Oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Kendari. Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam., 1(2), Article 2.
Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358
Rinjani, H. (2024). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Media Pembelajaran, 2(01), Article 01.
Saragih, A. H. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa, 5(1), Article 1.
Tri Handayan, N., Nelson, N., & Amrullah, A. (2023). Upaya lembaga pendidikan dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter untuk membentuk akhlak peserta didik di ma al-muhajirin tugumulyo [Undergraduate, Institut Agama Islam Negeri Curup]. https://e-theses.iaincurup.ac.id/5595/
Unduhan
Date published articles:
Cite on this Journal:
Terbitan
Bagian
License & Copyright
Hak Cipta (c) 2024 Iksan M, Baderiah Baderiah, Hisbullah Hisbullah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.