Pengaruh Tipe Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Rahma Maulida Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Jumiati Nur Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • M. Syukur Hag Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

Keywords:

Tipe Kepemimpinan Demokratis, Kinerja Guru

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh tipe kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Gugus 2 Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tipe kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Gugus 2 Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian ex poxt pacto. Prosedur penelitian ini menggunakan metode survey secara langsung yaitu dengan memberikan kuesioner secara langsung kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan koefisien determinasi = 0.309, artinya variabel tipe kepemimpinan demokratis mempengaruhi variabel kinerja guru sebesar 30.9%, sisanya sebesar 69.1% dipengaruhi variabel lain yang tidak masukkan dalam model penelitian ini. Berdasarkan hasil uji t pengaruh tipe kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru diperoleh thitung 3.797 > ttabel 1.699 dan nilai signifikan = 0.001 < 0.05.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa tipe kepemimpinan demokratis kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD Gugus 2 Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.

References

Adiyono. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru .

Amirullah, 2. (2015). Populasi dan Sampel. Malang: Bayumedia Publishing Malang.

Bella Nadya Rosaliati, M. I. (2020). Hubungan gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 61-71.

Danim, S. (2004). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Bengkulu: Sudarwan Danim.76

Depi admayanti, R. N. (2021). Gambaran Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan disiplin kerja guru sekolah dasar, 2861-2865.

Dr. Sri Rahmi, M. (2018). Kepala Sekolah dan Guru Profesional. Aceh: Naskah Aceh dan Pascasarjana UIN Ar- Raniry.

Iqbal, B. M. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di MA Ma"rif Seloreja Blitar. konstruktivisme unisbablitar, 98.

Husaini Fira. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Kurniawan, Y. F. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokrati terhadap Kinerja Karyawan di CV Anugerah Jaya. Agora, 121-131.

Kurniawan, Y. F. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap kinerja karyawan di CV Anugerah Jaya. AGORA, 122.

Putu Bagus Jaya Surayana Metra1, A. N. (2017). pengaruh gaya kepemimpinan demokratis, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT. Mega Auto Finance di Surabaya. Jurnal ekonomi manajemen, 417.

Reza. (2010). Gaya Kepemimpinan, motivasi dan disiplinkerja terhadap kinerja karyawan sinar Pt sinar santoso perkasa banjarnegara. skripsi, universitas diponegoro semarang.

Downloads

Date published articles:

2023-05-31

Cite on this Journal:

Maulida, R. ., Nur, J. ., & Hag, M. S. . (2023). Pengaruh Tipe Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 12(1), 23–31. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/257