Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Media Audio Visual Film Animasi, Keterampilan Menyimak, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh secara signifikan penggunaan media audio visual film animasi terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan penggunaan media audio visual film animasi terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode uasy eksperimen dengan desain Nonequivalent control design yang dilaksanakan 7 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, observasi, pelaksanaan tindakan, dan test. Subjek penelitian ini adalah murid kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa sebanyak 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebuh besar daripada nilai rata-rata posttest kelompok kontrol (84>76,66). Kemudian nilai thitung lebih besar dari ttabel ((2,705>2,048), dengan nilai signifikan sebesar 0,017 lebih kecil daripada signifikasi 0,05 (0,017<0,05) dengan hasil hipotesis H0 = ditolak Ha = diterima. Bersdasarkan hasil penelitia tersebut diatas, dapat disumpulkan bahwa media audio visual film animasi berpengaruh terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa
References
Abdul Salam. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Audio visual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Siswa SD Negeri 5 Amparita. Jurnal, (Online), (https://www.google.com/ url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://scholar.google.co.id/citations%3Fuser %3D09YYe7cAAAAJ%26hl%3Den&ved=2ahUKEwid4uzux6jgAhUHi3AKHU weBGwQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw1fS-6CHk2FKq MC7bKhdmLj, diakses 07 Februari 2019)
Andi, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio visual Terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Fabel pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar.
Fitri, A. N. (2018). Penggunaan Media Audio visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab, 78-84.
Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai- Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.
Hijriyah, U.(2016). Menyimak Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Brbahasa. Bandar Lampung: Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Otan Kurniaman, M. N. (2018). Penerapan Strategi Bercerita untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak siswa kelas III SD Muhammadiyah 6 Pekan Baru.
Ponza, P. J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran, 9-19.
Purwanti, D. (2018). Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Melalui Media Audio visual oleh Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Bahorok Kabupaten Langkok.
Rachman, A. (2018). Dakwah Melalui Film Animasi, 29-42.
Rahmawati, R. E. (2021). Penerapan Keterampilan Menyimak Berbasis Karakter Melalui FIlm Animasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 3A SD AL Husna Kota Madiun Masa Pandemi Covid-19, 2548-1398.
Safitri, W. Y. (2020). Pengembangan Film Animasi Aritmetika Sosial Berbasis Ekonomi Syariah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa MTS, 195-209.
Sunami, M. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar , 1940-1945.
Utaminingrum, S. (2015). Pengaruh Media Audio visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V SD di Kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.
Yusmarwati. 2018. Efektifitas Penggunaan Media Audio visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mengidentifikasi Unsur-Unsur Cerita Anak Di Kelas V SD Negeri 018 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu.Jurnal PAJAR (Pendidikandan Pengajaran), (Online), Vol. 2, No. 3, (https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.c om/media/publications/258130-efektifitas-penggunaan-media-audio -visuafa362c57.pdf&ved=2ahUKEwiYt47xzajgAhXKsY8KHZxkA5wQ FjAAegQlARAB&usg=AOvVaw3cAmp-7VxmTd7lybNxzPy, diakses 07 Februari 2019 ).
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.