Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Risky Nuramelyah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Andi Sukri Syamsuri Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Syekh Adiwijaya Latief Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

Keywords:

Media Audio Visual Film Animasi, Keterampilan Menyimak, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh secara signifikan penggunaan media audio visual film animasi terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan penggunaan media audio visual film animasi terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode uasy eksperimen dengan desain Nonequivalent control design yang dilaksanakan 7 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, observasi, pelaksanaan tindakan, dan test. Subjek penelitian ini adalah murid kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa sebanyak 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebuh besar daripada nilai rata-rata posttest kelompok kontrol (84>76,66). Kemudian nilai thitung lebih besar dari ttabel ((2,705>2,048), dengan nilai signifikan sebesar 0,017 lebih kecil daripada signifikasi  0,05 (0,017<0,05) dengan hasil hipotesis H0 = ditolak Ha = diterima. Bersdasarkan hasil penelitia tersebut diatas, dapat disumpulkan bahwa media audio visual film animasi berpengaruh terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa

References

Abdul Salam. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Audio visual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Siswa SD Negeri 5 Amparita. Jurnal, (Online), (https://www.google.com/ url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://scholar.google.co.id/citations%3Fuser %3D09YYe7cAAAAJ%26hl%3Den&ved=2ahUKEwid4uzux6jgAhUHi3AKHU weBGwQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw1fS-6CHk2FKq MC7bKhdmLj, diakses 07 Februari 2019)

Andi, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio visual Terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Fabel pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar.

Fitri, A. N. (2018). Penggunaan Media Audio visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab, 78-84.

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai- Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Hijriyah, U.(2016). Menyimak Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Brbahasa. Bandar Lampung: Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Otan Kurniaman, M. N. (2018). Penerapan Strategi Bercerita untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak siswa kelas III SD Muhammadiyah 6 Pekan Baru.

Ponza, P. J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran, 9-19.

Purwanti, D. (2018). Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Melalui Media Audio visual oleh Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Bahorok Kabupaten Langkok.

Rachman, A. (2018). Dakwah Melalui Film Animasi, 29-42.

Rahmawati, R. E. (2021). Penerapan Keterampilan Menyimak Berbasis Karakter Melalui FIlm Animasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 3A SD AL Husna Kota Madiun Masa Pandemi Covid-19, 2548-1398.

Safitri, W. Y. (2020). Pengembangan Film Animasi Aritmetika Sosial Berbasis Ekonomi Syariah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa MTS, 195-209.

Sunami, M. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar , 1940-1945.

Utaminingrum, S. (2015). Pengaruh Media Audio visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V SD di Kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yusmarwati. 2018. Efektifitas Penggunaan Media Audio visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mengidentifikasi Unsur-Unsur Cerita Anak Di Kelas V SD Negeri 018 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu.Jurnal PAJAR (Pendidikandan Pengajaran), (Online), Vol. 2, No. 3, (https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.c om/media/publications/258130-efektifitas-penggunaan-media-audio -visuafa362c57.pdf&ved=2ahUKEwiYt47xzajgAhXKsY8KHZxkA5wQ FjAAegQlARAB&usg=AOvVaw3cAmp-7VxmTd7lybNxzPy, diakses 07 Februari 2019 ).

Downloads

Date published articles:

2023-05-31

Cite on this Journal:

Nuramelyah, R. ., Syamsuri, A. S. ., & Latief, S. A. . (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 12(1), 11–22. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/256