Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel When Broken Glass Floats Karya Chanrithy Him

Authors

  • Hanana Muliana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Nilai, Pendidikan, Karakter, Novel, Sastra, Sosiologi Sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung
dalam novel “When Broken Glass Floats” Karya Chanrithy Him. Penelitian ini termasuk jenis
penelitian kajian pustaka, yaitu dengan menganalisis isi. Adapun metode penelitian
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
dokumentasi, teknik catat, teknik baca, dan teknik studi pustaka. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis isi yaitu perbandingan, mengidentifikasikan dan kategorisasi
data, Inferensi, studi pustaka, dan triangulasi data. Lokasi dan subjek penelitian yaitu SMA
PGRI Sungguminasa, nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel dan nilai
pendidikan karakter yang diterapkan di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat
17 nilai pendidikan karakter yang diterapkan di SMA PGRI Sungguminasa, 10 dari 17 nilai
pendidikan karakter tersebut terdapat pula dalam Novel When Broken Glass Floats karya
Chanrithy Him. 10 nilai pendidikan karakter tersebut meliputi: (1) nilai religius, (2) nilai jujur,
(3) nilai mandiri, (4) nilai rasa ingin tahu, (5) nilai semangat kebangsaan, (6) nilai cinta tanah
air, (7) nilai komunikatif, (8) nilai gemar membaca, (9) nilai peduli sosial, (10) nilai tanggung
jawab. sementara itu nilai ke (11) nilai toleransi, (12) nilai disiplin, (13) nilai kerja keras, (14)
nilai kreatif, (15) nilai demokratis, (16) nilai cinta damai, (17) nilai peduli lingkungan.

References

Alif, Teguh Nurhuda, dkk. Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Simple

Miracles Karya Ayu Utami Serta Relevansinya Pada Pembelajaran Sastra Di SMA.

Solo: Universitas Sebelas Maret. alifnteguhnurhuda@gmail.com. (diunduh pada 9

januari 2019).

Aminuddin. 1991. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Kemdiknas. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan

Nasional.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan

Akademik. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi revisisi cetakan keduapuluh

sembilan.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawang, Reny Sakti. 2013. Nilai Pendidikan Karakter Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman

El Shirazy Dan Relevansinya Terhadap Materi Pembelajaran Sastra Di SMA (Skripsi).

Yogyakarta: FKIP Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Date published articles:

2022-05-31

Cite on this Journal:

Muliana, H. (2022). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel When Broken Glass Floats Karya Chanrithy Him. Jurnal Konsepsi, 11(1), 167–175. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/186