Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel When Broken Glass Floats Karya Chanrithy Him
Keywords:
Nilai, Pendidikan, Karakter, Novel, Sastra, Sosiologi SastraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung
dalam novel “When Broken Glass Floats” Karya Chanrithy Him. Penelitian ini termasuk jenis
penelitian kajian pustaka, yaitu dengan menganalisis isi. Adapun metode penelitian
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
dokumentasi, teknik catat, teknik baca, dan teknik studi pustaka. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis isi yaitu perbandingan, mengidentifikasikan dan kategorisasi
data, Inferensi, studi pustaka, dan triangulasi data. Lokasi dan subjek penelitian yaitu SMA
PGRI Sungguminasa, nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel dan nilai
pendidikan karakter yang diterapkan di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat
17 nilai pendidikan karakter yang diterapkan di SMA PGRI Sungguminasa, 10 dari 17 nilai
pendidikan karakter tersebut terdapat pula dalam Novel When Broken Glass Floats karya
Chanrithy Him. 10 nilai pendidikan karakter tersebut meliputi: (1) nilai religius, (2) nilai jujur,
(3) nilai mandiri, (4) nilai rasa ingin tahu, (5) nilai semangat kebangsaan, (6) nilai cinta tanah
air, (7) nilai komunikatif, (8) nilai gemar membaca, (9) nilai peduli sosial, (10) nilai tanggung
jawab. sementara itu nilai ke (11) nilai toleransi, (12) nilai disiplin, (13) nilai kerja keras, (14)
nilai kreatif, (15) nilai demokratis, (16) nilai cinta damai, (17) nilai peduli lingkungan.
References
Alif, Teguh Nurhuda, dkk. Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Simple
Miracles Karya Ayu Utami Serta Relevansinya Pada Pembelajaran Sastra Di SMA.
Solo: Universitas Sebelas Maret. alifnteguhnurhuda@gmail.com. (diunduh pada 9
januari 2019).
Aminuddin. 1991. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Kemdiknas. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan
Nasional.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
Akademik. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi revisisi cetakan keduapuluh
sembilan.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawang, Reny Sakti. 2013. Nilai Pendidikan Karakter Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman
El Shirazy Dan Relevansinya Terhadap Materi Pembelajaran Sastra Di SMA (Skripsi).
Yogyakarta: FKIP Universitas Negeri Yogyakarta
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.