Pendidikan Kepramukaan sebagai Pembentukan Karakter Religius Anggota Pramuka Madrasah Ibtidaiyah
Keywords:
Pendidikan Kepramukaan, Karakter Religius, Madrasah IbtidayahAbstract
Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah pengaruh pendidikan kepramukaan terhadap pembentukan karakter religius anggota pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) hasil belajar pendidikan kepramukaan anggota pramuka, 2) karakter religius anggota pramuka, dan 3) pengaruh pendidikan kepramukaan terhadap pembentukan karakter religius anggota pramuka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-post facto. Dalam rangka mendapatkan data yang dibutuhkan maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data, antara lain: teknik angket digunakan untuk menggambil data dari hasil pengisian angket. Teknik dokumentasi dengan mengumpulkan data 2 yang bersumber dari arsip atau dokumen yang ada hubungannya dengan peneliian ini, interview dengan melakukan wawancara. Sumber informasinya adalah Pembina sekaligus guru bidang kepramukaan dan pelatih pramuka MI Datok Sulaiman Palopo. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata[1]rata hasil belajar pendidikan kepramukaan anggota pramuka MI Datok Sulaiman Palopo adalah sebesar 89,4737 dari skor ideal 100 dengan standar devias i= 3,95062 dan variansi = 15,607. Skor tertinggi (maksimum) = 96 dan skor terendah (minimum) = 81. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan statistik inferensial dengan menggunakan regresi linear sederhana diperoleh bahwa korelasi nilai r sebesar 0,631 menunjukkan korelasi kuat serta kofesien determinan yaitu sebesar 39,8%. Hal ini menunjukkan bahwa benar terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan kepramukaan terhadap pembentukan karakter religius anggota pramuka.
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Cet. I Edisi Kedua; Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Cet.
XII; Jakarta : Rineka Cipta.
Azwar, Azrul. 2013.Mengenal Pramuka Cet. I Jakarta: Esensi Erlangga Group, 2012.
Bob Sunardi, Andri. Boyman Ragam Latih Pramuka, Cet. VIII; Bandung; PT Nuansa Muda.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995.Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Cet. IV; Jakarta: Balai Pustaka.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI. 2006.Undang- undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.
Hudiyono, 2012. Membangun Karakter Siswa melalui Profesionalisme Guru dan Gerakan Pramuka. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Kesuma, Dharma dkk, 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah, Cet. IV; Bandung: PT Rosdakarya
Listyarti, Retno. 2013. Pendidikan Karakter dalam metode Aktif, Iinovatif dan Kreatif, Jakarta: Erlanggax.
Marzuki dan Lyza Hapsari. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan di MAN 1 Yogyakarta Jurnal Pendidikan Karakter Edisi V, No.2, Oktober 2005. Di ambil dari: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8619.
Rustan edhy, 2018. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah Berbasis Multikultural Dalam Mewujudkan Pendidikan Yang Berkarakter di era globalisasi. 2 (7), 256-257. https:// doi.org/10.31227/osf.io/972pu
Russel, James E, 2018. Scouting Education, The Journal Of Education vol. 85, No. 16 (2126) (APRIL 19, 1917), pp. 425-428. (Trustees of Boston University) https://www.jstor.org/stable/42766751
Sholeh dkk, Muhammad. Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY Menggunakan Metode Webqual 4.0 Jurnal JORKAM Volume 1, No.2 Januari 2014. Di ambil dari: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=293176&val=6284&t itle=ANALISIS%20KUALITAS%20LAYANAN%20WEBSITE%20BTK PDIY%20MENGGUNAKAN%20METODE%20WEBQUAL%204.0.
S.Margono, 2014. Penelitian Pendidikan, Cet. IX; Jakarta: Rineka Cipta, 2014. Sudijono, Anas. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Cet. III; Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2006 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Cet XI; Bandung : PT Remaja Rosdakarya,.
Susetyo, Budi. 2010. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian, Cet. I; Bandung: PT Refika Aditama, 2010.
Thaha, H., & Rustan, E. 2017. Orientasi Religiusitas dan Efikasi Diri dalam Hubungannya dengan Kebermaknaan Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa IAIN Palopo. Studi Agama dan Masyarakat, 13 (2), 164-165. https://doi.org/10.23971/jsam.v13i2.551
Ummah M.T, Khairul. Kami Pramuka Indonesia (Cet. I Sidoarjo: PT Masmedia Buana Pustaka.
Zubaedi, 2013. Desain Pendidikan Karakter konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Cet III;Jakarta: Kencana Prenada Media.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.