Prinsip Kerja Sama dalam Penggunaan Bahasa Makassar di Pelelangan Paotere

Authors

  • Nur Ilma Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammdiyah Makassar
  • Muhammad Dahlan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Prinsip Kerjasama, Pendekatan kualitatif, Penggunaan Bahasa Makassar

Abstract

Prinsip kerjasama merupakan prinsip yang dijadikan pedoman dalam penelitian ini yang meliputi maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi dan maksim cara. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode simak dan menggunakan teknik sadap. Penelitian ini dilaksanakan di tempat pelelangan ikan paotere kecamatan ujung tanah kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak kesesuaian dan pelanggaran terhadap prinsip kerjasama antara penjual dan pembeli di pelelangan paotere Makassar. Pengambilan data dilakukan dengan merekam dan kemudian menulis percakapan antara penjual dan pembeli. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif kemudian dikelompokkan berdasarkan maksim-maksimnya. Untuk mempermudah menganalisis, data disajikan dalam tabel pengelompokan. Dari 22 data yang dianalisis yang memenuhi prinsip kerjasama adalah 13 dialog dan data yang melanggar prinsip kerjasama adalah 9 dialog. Kesesuaian prinsip kerjasama lebih banyak pada maksim kuantitas yaitu 6 dialog dan pelanggaran atas prinsip kerjasama terjadi pada maksim cara dengan total 4 dialog. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa prinsip kerjasama dalam penggunaan bahasa Makassar di pelelangan paotere lebih banyak menerapkan prinsip kerjasama dibandingkan dengan pelanggaran prinsip kerjasama.

References

Achsani, Ferdian. 2019. Pematuhan dan pelanggaran prinsip kerjasama dalam komunikasi siswa-siswi MAN 1 Surakarta. (Online), Vol. 2 No. 2, (http://ejournallainpurwokerto.ac.id).

Aprivianti, 2010. Prinsip kerjasama dalam interaksi antara ibu dan anak. Skripsi. Depok. Universitas Indonesia. (Online), (http://lib.ui.ac.id)

Arta, I Made Rai. 2016. Prinsip kerjasama pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan saintifik. (Online), Vol. 4 No. 2, (https://media.neliti.com).

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Devianty, Rina. 2017. Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. (Online), Vol. 24 No. 2 (http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id).

Edi Subroto, D. 2007. Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Grice, H.P. 1975. Logic and Conversation. New York: Oxford University Press.

Hendri, Ristiawan. 2017. Prinsip Kerja Sama dalam Berinteraksi di Lingkungan SMP 11 Kota Jambi, (Online), Vol. 7 No. 2, (http://online-journal.unja.ac.id/index.php/pena/article/view/4768).

Kunjana. 2009. Pragmatik Kesantuan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Lestari, Ni Wayan Pesek dkk.2019. Prinsip kerjasama dalam novel magening karya wayan jengki sunarta. (Online), Vol. 3 No. 3, (https://ejournalundiksha.ac.id)

Lubis, Hamid Hasan. 2011. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Maufur, Syibli. 2016. Penerapan Prinsip Kerja Sama dan Prinsip Sopan Santun Berbahasa di Kalangan Masyarakat Kampung Pesisir Kota Cirebon, (Online), Vol. 3 No. 1, (http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/).

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriprif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Moleong. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nadar, F.X. 2009.Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, Kunjana. 2009. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.

Rohmadi, Muhammad. 2010. Pragmatik: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Yuniarti, Netti. 2014. Implikatur Percakapan Dalam Percakapan Humor. (Online), Vol. 3 No. 2. (https://journal.ikippgriptk.ac.id).

Downloads

Date published articles:

2022-02-07

Cite on this Journal:

Ilma, N. ., & Dahlan, M. . (2022). Prinsip Kerja Sama dalam Penggunaan Bahasa Makassar di Pelelangan Paotere. Jurnal Konsepsi, 10(4), 361–370. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/138