Analisis Efektivitas Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 31 Tarobok Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara

Authors

  • Diana Sari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Keywords:

analisis efektivitas, ektivitas metode, metode mengajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode mengajar guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 031 Tarobok Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-kuantitatif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh civitas akademika SDN No.31 Tarobok Kec. Baebunta. Dengan jumlah keseluruhan sampel sebanyak 92 orang. Pengumpulan data yang penulis gunakan ada dua cara, yakni library research  dan field research melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang berupa data kualitatif dianalisis menggunakan metode dedukatif - induktif , sedangkan data kuantitatif dianalisis statistik. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa efektivitas metode mengajar bervariasi terhadap hasil belajar siswa SDN 031 Tarobok pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Hal ini terbukti dengan terlibatnya siswa secara aktif dan efektif pada pembelajaran.

References

Abdurrahman Saleh Abdullah. 1994. Educational Theory a Quranic Outlooch, diterjemahkan oleh prof. H. M. Arifin, M.Ed. dan Drs. Zainuddin, dengan judul: Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an, Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Abdurrahman, H. 1993. Pengelolah Pengajar, Cet. VI; Ujung Pandang: Bintang Selatan.

Ahmadi, H. Abu. 1997. Strategi Belajar Mengajar, Cet. I : Bandung : CV Pustaka Setia.

Al Barny, M. Dahlan. 1993. Kamus ilmiah Populer, Surabaya: Aloka.

Anonim. 1997. The Pocket Expord Dictionary, Amerika: F.G.F.

Arifin. M, H. 1997. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama dan Lingkungan sekolah dan keluarga, Cet. IV , Jakarta : Bulan Bintang.

Arikunto, Suharsini. 1966. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cet, XI Jakarta : Rineka Cipta.

Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar [Masters, PPS]. http://eprints.unm.ac.id/9378/

Departemen Agama RI. 1985/1986. Pedoman Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 1966. Strategi Belajar Mengajar, Cet, IV; Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1965. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta PT. Rineka Cipta.

Firman, F. (2014). Penerapan Teknik Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Iqra, 2(1), 42.

Ilham, D. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan pada Mata Pelajaran Umum dalam Upaya Peningkatan Akhlak Peserta Didik di MAN Malili Kabupaten Luwu Timur [Masters, STAIN/ IAIN Palopo]. In IAIN Palopo. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1145/

Lipandie, Imamsjah. 1986. Didaktik Metode Pendidikan Umum, Surabaya: Usaha Nasional.

Mansyur dkk. 1981. Metodologi Pendidikan Agama, Cet. II; Jakarta : CV. Forum Jakarta.

Muhaimin, dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar, Cet. I: Surabaya : CV. Citra Media.

Muhammad, dkk. 1996. Strategi Mengajar, Cet. I; Surabaya: CV. Citra Media.

Nurdjan, S. (2015). Korelasi antara Aspek Pembelajaran Kreatif Produktif dan Hasil Kemampuan Menulis Akademik (Karya Tulis Ilmiah) Mahasiswa IAIN Palopo. LP2M IAIN Palopo: Palopo.

Pidarta, Made. 1990. Cara Belajar Mengajar Di Universitas Negara Maju, Jakarta : Bina Aksara.

Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. III; Jakarta: Salal Pustaka.

Ramayulis. 2005. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet IV; Jakarta: Kalam Lia.

Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tudassipulung. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 2, No. 1, pp. 693-702). Universitas Cokroaminoto Palopo.

S.S., Daryanto. 1998. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Apollo.

Soemanto, Wasty. 1999. Psikologi Pendidikan, Cet. II; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 1984. Metode Statistik, Cet. VI; Bandung: Tarsito.

Surahmand, Winarno. 1999. Metode Pengajaran Nasional, Cet. II; Bandung: Jenmars.

Suryabrata, Sumadi. 1990. Psikologi Pendidikan, Cet. V; Jakarta: Rajawali Pers.

Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru, Cet. VI; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syarifuddin dan Basyiruddin Usman. 2007. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Cet. III; Ciputat Press, Jakarta.

Uhbiyati, Nur. 1999. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II; Bandung: CV. Pustaka Setia.

Usman, Muh. Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional, Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Warsito, Hermanto. 1992. Pengantar Metodologi Pendidikan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Date published articles:

2018-05-01

Cite on this Journal:

Sari, D. (2018). Analisis Efektivitas Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 31 Tarobok Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Konsepsi, 7(1), 36–46. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/13