Strategi Pemetaan Konsep terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 3 Sabbang Kabupaten Luwu utara

Authors

  • Haider Haider Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Keywords:

strategi belajar, pemetaan konsep, prestasi belajar

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh strategi pemetaan konsep terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMPN 3 Sabbang. Pokok permasalahan yang dibahas dalam artikel ini sejauh mana pengaruh penerapan pengajaran peta konsep terhadap peningkatan prestasi siswa kelas VIII SMPN 3 Sabbang pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Untuk menjawab permasalahan dan membuktikan hipotesis, penulis melakukan penelitian berupa tindakan kelas, yaitu melakukan pengajaran dengan metode peta konsep dan mengambil sampel dengan cara Cluster Random Sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB  dijadikan sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik library research, field research, wawancara dan menyebarkan pertanyaan berupa angket. Untuk mengetahui prestasi siswa dilakukan tes prestasi. Hasil yang diperoleh setelah melakukan tes prestasi dianalisis secara deskriptif, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata=8.40, dengan standar deviasi = 1.42 dengan skor tertinggi =10, skor terendah = 5, untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata= 7.78, dengan standar deviasi = 1.51, skor tertinggi = 10, dan skor terendah = 5, kemudian dianalisis secara inperensial, untuk menguji hipotesis dengan menggunakan Uji-t dengan nilai t hit = 2.92 lebih besar dari 1.68. ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan ini hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pemetaan konsep berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMPN 3 Sabbang.

References

Abdullah, Ambo Endre. 1986. Pokok-pokok Bimbingan Belajar. Ujung Pandang: FIP IKIP.

Abdurrahman. 1990. Pengelolah Pengajaran. Ujung Pandang: Shalih.

Abdurrahman, H. 1994. Pengelolaan Pengajaran. Ujung Pandang: Bintang Selatan.

Abdurrahman Saleh. 2000. Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan Visi, Misi, dan Aksi. Jakarta: Gema Windu Pasca Perkasa.

Al-Barry, M. Dahlan. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkota.

Arifin M. 1996. Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendidikan Inter Disipliner Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suhartini. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar [Masters, PPS]. http://eprints.unm.ac.id/9378/

Aziz, Erwati. 2003. Prinsip-prinsip Pendidikan Islam, Cet.I;Solo:PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri,

Dahar, dkk. 1986. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Karunika.

Darajat, Zakiyah. 1995. Metode Pengajaran Agama Islam.

Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Yayasan Penyelenggara Penerjemah.

Diktorat Jenderat Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. 1982. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta.

Firman, F. (2014). Penerapan Teknik Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Iqra, 2(1), 42.

Humphrey Edward. 1975. Encyclopedia International New York Grulier.

Ilham, D. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan pada Mata Pelajaran Umum dalam Upaya Peningkatan Akhlak Peserta Didik di MAN Malili Kabupaten Luwu Timur [Masters, STAIN/ IAIN Palopo]. In IAIN Palopo. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1145/

Jamaluddin dan Abdullah Ali. 1998. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Cet. I; Bandung: Pustaka Setia.

Mappa, dkk. 1987. Psikologi Pendidikan. Ujung Pandang: FIP IKIP.

Martawijaya, Agus. Dasar-dasar Pendidikan MIPA. Makassar: UNM.

Nurdjan, S. (2015). Korelasi antara Aspek Pembelajaran Kreatif Produktif dan Hasil Kemampuan Menulis Akademik (Karya Tulis Ilmiah) Mahasiswa IAIN Palopo. LP2M IAIN Palopo: Palopo.

Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tudassipulung. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 2, No. 1, pp. 693-702). Universitas Cokroaminoto Palopo.

Sabri,Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Mikro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching.

Sudjana, Nana. 1998. Penelitian dan Penilaian Pendidikan.Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, Nana. 1998. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 1998. Dasar-dasar Proses Belajar mengajar. Bandung: Sinar baru Agtesindo.

Sukandi. 1994. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Syarah Shohih Bukhari., Fathul Bari’ Beirut, Darul Fikri, 856-753.H

Tadjad. 1994. Perbandingan Pendidikan. Cat. I; Surabaya: Kareja Abditama.

Tafsir Ahmad. 2000. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Cet. III; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Unbiyati, Nur. 1998. Ilmu Pendidikan Islam I. Cet. II; Bandung: Pustaka Setia.

Wiliam, Dahar Ratna. 1986. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Komunikasi.

Downloads

Date published articles:

2018-05-01

Cite on this Journal:

Haider, H. (2018). Strategi Pemetaan Konsep terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 3 Sabbang Kabupaten Luwu utara. Jurnal Konsepsi, 7(1), 23–35. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/12