Efektivitas Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Baebunta
Keywords:
Efektivitas, Komunikasi, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya komunikasi dalam proses pembelajaran mata pelajaran pada SMP Negeri 2 Baebunta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini yaitu guru sebanyak 14 orang dan siswa sebanyak 209 otrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan angket. Peneliti menggabung beberapa macam teknik analisis data. data kuantitatif dianalisis statistik. Untuk data kualitatif dengan cara diklasifikasikan dalam bentuk kelompok terarah dan menjadi fakta akurat. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses interaksi atau komunikasi antara guru dan murid di SMP Negeri 2 Baebunta memadukan berbagai macam metode dalam aktivitas mengajarnya sehingga tercipta suasana edukatif produktif. Hal ini terlihat di mana siswa telah terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar.
References
Ali, Muhammad. 1987.Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Edisi Revisi, Cet. III; Bandung: Sinar Baru.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cet. XII; Jakarta: Rineka Cipta.
Astrid, Phil, S. Susanto. 1977 Komunikasi dalam Teori dan Praktek, Jilid I; Bandung: Bina Cipta,.
Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar [Masters, PPS]. http://eprints.unm.ac.id/9378/
Cagara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi, Ed. I, Cet. VI; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Departemen Agama RI. 1984. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an.
Departemen Agama RI. 1984. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur’an.
Djamarah, Bachri, Syaiful. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Cet. III; Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Firman, F. (2014). Penerapan Teknik Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Iqra, 2(1), 42.
Ilham, D. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan pada Mata Pelajaran Umum dalam Upaya Peningkatan Akhlak Peserta Didik di MAN Malili Kabupaten Luwu Timur [Masters, STAIN/ IAIN Palopo]. In IAIN Palopo. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1145/
Jalaluddin. 2004. Psikologi Agama, Cet. VIII; Jakarata: PT. Raja Grafindo Persada.
Margono, S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nurdjan, S. (2015). Korelasi antara Aspek Pembelajaran Kreatif Produktif dan Hasil Kemampuan Menulis Akademik (Karya Tulis Ilmiah) Mahasiswa IAIN Palopo. LP2M IAIN Palopo: Palopo.
Poerwadarminto. W.J.S. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Cet. V, Jakarta, Balai Pustaka,
Robinson, Adjal. 1988. Asas-asas Praktik Mengajar, Jakarta: Bhatara.
Rustaman, 2006. Profesi Guru, Cet. II; Jakarta: Pustaka Ilmu.
Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tudassipulung. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 2, No. 1, pp. 693-702). Universitas Cokroaminoto Palopo.
Sahabuddin. 1982. Dasar-dasar Kependidikan (Peranan Guru dan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar), IKIP Ujung Pandang.
Sahabuddin. 1999. Mengajar dan Belajar, Cet. I; Makassar: UNM.
Sardiman, AM. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Ed. I, Cet. X; Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sudijono, Anas. 1997. Pengantar Statistik Pendidikan, Cet. III; Jakarta: Rajawali Press,
Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, Cet. II; Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Cet. V; Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo, 2000.
Sugiono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Cet. IV; Bandung: CV. Alfabeta,
Sukmadinata, Syaodih. Nana, 2007. Landasan Psikologi dalam Proses Pendidikan, Cet. IV; Bandung, Remaja Rosdakarya,.
Surachman, Winarno. 1980. Metodologi Pengajaran Nasional, Bandung: PN Jenmars.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2018 Citra Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.