Urgensi Pendekatan Psikologis dalam Pembelajaran yang Efektif
Studi pada SDN 2 Rante Baru Kec. Ranteangin Kab. Kolaka Utara
Keywords:
Pendekatan psikologis, pembelajaran, pendekatan pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan membahas urgensi pendekatan psikologis dalam pembelajaran yang efektif (Studi pada SDN 2 Rante Baru Kec. Ranteangin Kab. Kolaka Utara). Teknik pengumpulan data penelitian, yakni observasi, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik interpretatif, dedangkan untuk nilai menganalisis nilai siswa digunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan psikologis di SD Negeri 2 Rante Baru meningkatkan motivasi belajar siswa. siswa mempunyai inisiatif yang diaplikasikan melalui skill pembelajaran. Pendekatan psikologis memberikan kontribusi yang positif terhadap kemampuan kognitif dan apektif siswa terkhusus pada proses pembelajaran sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang efektif. Suasana pembelajaran tidak monoton dan siswa akan merasa nyaman dalam belajar, dan tujuan pembelajaran pun tercapai dengan maksimal.
References
Ahmadi, Abu. 1998. Psikologi Umum. Cet. II; Jakarta : Rineka Cipta,.
A.M., Sardiman. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Cet. III; Jakarta: Rajawali,.
Arikunto, Suharsimi. 2002 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cet. XII; Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar [Masters, PPS]. http://eprints.unm.ac.id/9378/
Departemen Agama RI. 2006. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: PT. Syaamil Cipta Media,.
Djamarah, Syaiful Bahri., 2000 Guru dan Siswa dalam Intraksi Edukatif, (Cet.I; Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali, 2007. Psikologi Pendidikan, Cet. I. Jakarta, PT Bumi Aksara.
Firman, F. (2014). Penerapan Teknik Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Iqra, 2(1), 42.
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum Pembelajaran, Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara.
Ihsan, Handayani., Ihsan, A. Fuad., 1998. Filsafat pendidikan Islam, Cet 1, bandung; CV Pustaka setia.
Ilham, D. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan pada Mata Pelajaran Umum dalam Upaya Peningkatan Akhlak Peserta Didik di MAN Malili Kabupaten Luwu Timur [Masters, STAIN/ IAIN Palopo]. In IAIN Palopo. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1145/
Jalauddin. 2001.Teologi Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Meier, Dave. 2002.The Accelerated Learning, Cet. I, Bandung; Kaifa.
Mulyasa. 2005.Menjadi Guru Profesional, Cet. III, Bandung; PT Remaja Rosdakarya Offset,
Nizar, Samsul. 2002.Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis, Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers.
Nurdjan, S. (2015). Korelasi antara Aspek Pembelajaran Kreatif Produktif dan Hasil Kemampuan Menulis Akademik (Karya Tulis Ilmiah) Mahasiswa IAIN Palopo. LP2M IAIN Palopo: Palopo.
Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tudassipulung. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 2, No. 1, pp. 693-702). Universitas Cokroaminoto Palopo.
Slameto. 1991.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta.
Soemanto, Wasti.1998. Psikologi Pendidikan, Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata, Nana Syaodih., Pengembangan Kurikulum, Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian, Cet. IX. Jawa Barat: Afabeta.
Takariawan, Cahyadi. 2000. Pernik-Pernik Rumah Tangga Islami Cet II; Solo : Intermedia.
Uzer, Moh. 1991 Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2018 Basruddin Basruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.