Peningkatan Prestasi Belajar Keterampilan Tata Boga melalui Metode Pembelajaran Inquiry di Kelas IX SMP Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu

Authors

  • Naima Naima SD Negeri No. 27 Padang Ngalla

Keywords:

prestasi belajar, tata boga, pembelajaran inqury

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan tata boga. Penelitian ini berusaha  memecahkan masalah-masalah praktis yang berasal dan praktik pembelajaran di kelas, wujud praktik pembelajaran yang dikaji adalah penggunaan metode inquiry. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bajo kab. Luwu ajaran 2010/2011 dengan jumlah keseluhan 21 siswa. Penelitian ini mengikuti tahapan penelitian tindakan yang mencakup beberapa siklus yang masing-masing memiliki tahapan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes hasil belajar. Tes yang digunakan merupakan cakupan dari seluruh kompetensi yang harus diketahui dan dimiliki seorang siswa pada setiap pertemuan.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Terjadi peningkatan rentang nilai (skor perolehan) prestasi belajar Keterampilan/kerajinan rumah tangga siswa pada siklus I 40 – 80 (rerata termasuk dalam kategori Cukup baik), menjadi 80 – 100 (kategori sangat baik) pada siklus II pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bajo kab. Luwu. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry terbukti secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar Keteram¬pilan tata boga siswa  di kelas IX SMP Negeri 1 Bajo kab. Luwu.

References

Ahmad, Azhar. 1997. Strategi Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Alfian, E., Kaso, N., Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 54-64.

Ali, M. 2002. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algesido.

Depdikbud. 2002. Biro hukum dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, B.S & A. Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Efendi, E., Nurdin, K., & Baderiah, B. (2020). Humanist Education: Its Implementation on Scavengers Children’s at TPA Mancani Palopo City. International Journal of Asian Education, 1(3), 155-168.

Fatmawati, F., Hasbi, H., & Nurdin, K. (2020). Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369-383.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Hamalik, Oemar, 2001. Proses belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ilham, D. (2019). Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City. Jurnal Konsepsi, 8(1), 1-9.

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.

Nasution, S. 2000. Difaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: bumi Aksara.

Nurdin, K., Muh, H. S., & Muhammad, M. H. (2019). The implementation of inquiry-discovery learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(1).

Poerdarminta. 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rifuddin, B., Ilham, D., & Nurdin, K. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education (IJAE) by READ Institute, 1(2), 81-94.

Rostiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusyan, T. 1997. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Slameto. 1998. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Date published articles:

2020-02-01

Cite on this Journal:

Naima, N. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Keterampilan Tata Boga melalui Metode Pembelajaran Inquiry di Kelas IX SMP Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu. Jurnal Konsepsi, 8(4), 159–172. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/94