Penerapan Metode Field Trip Terhadap Penguasaan Penyusunan Jumlah Ismiyah di Kelas VIII MTs Opu Daeng Risaju Palopo

Authors

  • Mawardi Mawardi Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Mubassyirah Bakri Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Miftahul Jannah Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

Keywords:

metode field trip, penguasaan penyusunan jumlah Ismiyah, materi bahasa Arab

Abstract

Artikel ini membahas tentang penerapan metode field trip terhadap penguasaan penyusunan jumlah ismiyah di kelas VIII MTs Opu Daeng Risaju Palopo. Penilitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek siswa kelas VIII MTs Opu Daeng Risaju Palopo. Penelitian ini dilakansakan dalam dua siklus, yaitu menggunakan instrumen wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada awal pembelajaran sebelum diterapkan metode field trip, siswa masih kurang memahami pembelajaran penyusunan jumlah ismiyah, sebelum menerapkan metode field trip peneliti terlebuh dahulu mengukur kemampuan penyusunan jumlah ismiyah siswa kelas VIII MTs Opu daeng Risaju Palopo dengan mengadakan post test dan hasilnya yaitu 59%. Setelah penerapan metode Field trip, penguasaan penyusunan jumlah ismiyah peserta didik meningkat, hal ini dikarenakan adanya perbaikan disetiap siklus, pada siklus 1 hasil belajar peserta didik sebesar 79% dan meningkat menjadi 87% pada siklus 2. Hasil penilaian dari metode field trip menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai yang diperoleh siswa yaitu 59%, dan pada siklus I sebesar 79%, dan meningkat menjadi 87% pada siklus II ini termasuk kategori baik, nilai tersebut diperoleh dengan melakukan post tes dan pre tes pada setiap siklusnya, tes yang digunakan berbentuk tes essai. Dan digunakan juga teknik observasi untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya.

References

Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Esti, I. (2015). Sastra Sebagai Alat Mengkritisi Kekuasaan di Indonesia: Tinjauan dari Masa ke Masa. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Kekuasaan, 106–127.

Hasan, H. (2022). Penerapan Metode Field Trip dalam Menulis Puisi Siswa Kelas X. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.135

Idaman, S. (2022). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i1.629

Mustapa, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dan Menulis Melalui Metode Karya Wisata Kelas IV SDN No.81 Kota Tengah Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1387-1394.2021

Nasution, N. A. D., & Yulianti, Y. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip di Tk Rahmatkan Kota Jambi. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i2.63

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), Article 01. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Rodjak, R. J., Erfinda, Y., & Mbulu, Y. P. (2021). Analisa STP dan Bauran Pemasaran dalam Pengembangan Paket Virtual Field Trip Godongijo. Journal of Tourism Destination and Attraction, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.35814/tourism.v9i3.2980

Rohmayani, Y. (2019). Kaitan Alquran dengan Metode Pembelajaran Bahasa Arab yang Inovatif. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 0, Article 0.

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221

Downloads

Date published articles:

2023-05-31

Cite on this Journal:

Mawardi, M., Bakri, M. ., & Jannah, M. . (2023). Penerapan Metode Field Trip Terhadap Penguasaan Penyusunan Jumlah Ismiyah di Kelas VIII MTs Opu Daeng Risaju Palopo. Jurnal Konsepsi, 12(1), 62–77. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/261