Penerapan Metode Field Trip Terhadap Penguasaan Penyusunan Jumlah Ismiyah di Kelas VIII MTs Opu Daeng Risaju Palopo
Keywords:
metode field trip, penguasaan penyusunan jumlah Ismiyah, materi bahasa ArabAbstract
Artikel ini membahas tentang penerapan metode field trip terhadap penguasaan penyusunan jumlah ismiyah di kelas VIII MTs Opu Daeng Risaju Palopo. Penilitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek siswa kelas VIII MTs Opu Daeng Risaju Palopo. Penelitian ini dilakansakan dalam dua siklus, yaitu menggunakan instrumen wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada awal pembelajaran sebelum diterapkan metode field trip, siswa masih kurang memahami pembelajaran penyusunan jumlah ismiyah, sebelum menerapkan metode field trip peneliti terlebuh dahulu mengukur kemampuan penyusunan jumlah ismiyah siswa kelas VIII MTs Opu daeng Risaju Palopo dengan mengadakan post test dan hasilnya yaitu 59%. Setelah penerapan metode Field trip, penguasaan penyusunan jumlah ismiyah peserta didik meningkat, hal ini dikarenakan adanya perbaikan disetiap siklus, pada siklus 1 hasil belajar peserta didik sebesar 79% dan meningkat menjadi 87% pada siklus 2. Hasil penilaian dari metode field trip menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai yang diperoleh siswa yaitu 59%, dan pada siklus I sebesar 79%, dan meningkat menjadi 87% pada siklus II ini termasuk kategori baik, nilai tersebut diperoleh dengan melakukan post tes dan pre tes pada setiap siklusnya, tes yang digunakan berbentuk tes essai. Dan digunakan juga teknik observasi untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya.
References
Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Esti, I. (2015). Sastra Sebagai Alat Mengkritisi Kekuasaan di Indonesia: Tinjauan dari Masa ke Masa. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Kekuasaan, 106–127.
Hasan, H. (2022). Penerapan Metode Field Trip dalam Menulis Puisi Siswa Kelas X. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.135
Idaman, S. (2022). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i1.629
Mustapa, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dan Menulis Melalui Metode Karya Wisata Kelas IV SDN No.81 Kota Tengah Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1387-1394.2021
Nasution, N. A. D., & Yulianti, Y. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip di Tk Rahmatkan Kota Jambi. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i2.63
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), Article 01. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Rodjak, R. J., Erfinda, Y., & Mbulu, Y. P. (2021). Analisa STP dan Bauran Pemasaran dalam Pengembangan Paket Virtual Field Trip Godongijo. Journal of Tourism Destination and Attraction, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.35814/tourism.v9i3.2980
Rohmayani, Y. (2019). Kaitan Alquran dengan Metode Pembelajaran Bahasa Arab yang Inovatif. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 0, Article 0.
Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.