Analisis Penggunaan E-Learning Materi Makna dan Arti Kebangkitan Nasional Tahun 1908 pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII SMPN 3 Kota Mojokerto

Authors

  • Cika Anggela Alvinda Universitas Negeri Surabaya
  • Harmanto Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Penggunaan E-Learning, Hasil Belajar, PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan e-learning serta mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik dalam melakukan pembelajaran menggunakan e-learning di SMPN 3 Kota Mojokerto. E-learning merupakan pembelajaran yang dirancang guna memudahkan peserta didik dalam kegiatan pelajaran, sesuai dengan karakteristik penerapan kurikulum 2013 dan tuntutan abad 21 agar peserta didik menjalankan kegiatan belajar melibatkan kemajuan teknologi. E-learning ini memuat materi yang mudah mereka fahami contohnya video, dan juga gambar-gambar yang menarik sehingga membuat peserta didik tidak mudah bosan ketika di kelas. Penggunaan smartphone juga dirasa akan membuat pembelajaran lebih efektif karena peserta didik bisa belajar dimanapun. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (Content Analysis), yang menganalisis secara mendalam terkait suatu informasi baik tertulis maupun tercetak,pendekatan analisis isi menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan berupa sumber data secara primer yaitu terkait penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) beserta nilai peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan e-learning, sumber data sekunder yaitu terkait penelitian yang relevan dan dokumen sekolah yang mendukung dalam penelitian ini. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya pembelajaran melalui penggunaan e-learning ini terdapat peningkatan dalam kemajuan belajar peserta didik, dilihat dari sebelum penggunaan dengan sesudah penggunaan e-learning. Peserta didik yang dikategorikan tuntas mengalami peningkatan setelah penggunaan e-learning ini, meskipun ada beberapa siswa yang masih dibawah standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang berlaku, karena faktor materi sukar dan lainnya. Penggunaan e-learning ini juga dirasa sudah berjalan sesuai dengan RPP karena pelaksanaan pembelajaran kondusif.

References

Afifudin dan Beni Ahmad Saebani. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Anggraini, A. 2018. Keefektifan Pembelajaran Elektronik (e-learning) Sebagai Pengganti Perkuliahan Konvensional Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Mahasiswa. Jurnal Sosial Humaniora. Vol. 9(2), hal. 95-105.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian kualitatif (komunikasi, ekonomi, kebijakan public, dan ilmu social lainny), Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Bungin, Burhan. 2012. Analisa Data Penelitian Kualitatif.Jakarta: Rajawali Pers.

Chai dan Chain. 2016. Professional Learning For 21st Century Education. Journal Computer Education. Vol. 4(1), hal. 1-4.

Daniati, D., Ismanto, B., dan Lushsasi, D. 2020. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E-learning Berbasis Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Vol. 6(3), hal. 601-608.

Eriyanto. 2011. Analisis Isi : Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Gunawan, Imam. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

H. Hobri, dkk. 2018. Analysis of student’s Creative Thinking Level in Problem Solving Based on National Council of Teachers of mathemathics. Journal Physics Conference Series. Vol. 1, hal. 1-8.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pujiastutik, Hernik. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web Pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran 1 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teladan. Vol. 4(1), Hal. 25-36.

Husnul, N. R. dan Heri Rahmawati 2017. Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Matematiika di SMA Negeri Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol. 5(2), hal. 189-198.

Jamun, Yohannes Maryono. 2016. Desain Aplikasi Pembelajaran Peta NTT Berbasis Multimedia. JurnalPendidikan dan Kebudayaan Missio, Vol. 8, No.1, hal. 144-150

Khoir, H. M., Murtinugraha. R. E., Sittati, M. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil. Vol. 9 No.1, hal. 54-60.

Mononimbar. E. M. Pasandaran. S. Pangalila. T. 2021. Ketrampilan Guru Menggunakan Metode Ceramah Bervariasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Di SMA Negeri 1 Tompaso. Jurnal PPKN: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol.1 no.2, hal. 74-86.

Muhajir, Noeng. 2000. Metodologi penelitian kualitatif.Yogyakarta: Rake Sarasin.

Mustika, W. dan Rahmi, E., 2019. Pengaruh Variasi Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IS SMA Pertiwi 1 Padang Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ecogen. Vol. 2(4), hal. 789-810.

Downloads

Date published articles:

2022-08-07

Cite on this Journal:

Alvinda, C. A., & Harmanto. (2022). Analisis Penggunaan E-Learning Materi Makna dan Arti Kebangkitan Nasional Tahun 1908 pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII SMPN 3 Kota Mojokerto. Jurnal Konsepsi, 11(2), 282–303. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/202