Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Penegetahuan Alam melalui Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Afna Sikabe Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Baderiah Baderiah Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

Keywords:

Practice Rehearsal Pairs, hasil belajar IPA, strategi pembelajaran aktif

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas III dan IV SDN 93 Tombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs pada materi ciri-ciri makhluk hidup dan meningkatkan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III dan IV SDN 93 Tombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi PRP efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa adalah 70 dengan persentase keberhasilan 55%. Setelah dilakukan perbaikan dan penyesuaian pada siklus kedua, rata-rata nilai meningkat menjadi 88 dengan persentase keberhasilan 100%. Semua siswa berhasil mencapai nilai minimal 80, yang menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan terhadap materi yang dipelajari.

References

Adibah, R. R. (2010, July 8). Pengaruh strategi pembelajaran practice-rehearsal pairs terhadap hasil belajar matematika siswa. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21208

Anidar, J. (2017). Teori belajar menurut aliran kognitif serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 3(2), 8–16. https://doi.org/10.15548/atj.v3i2.528

Arifin, H. Z. (2017). Perubahan perkembangan perilaku manusia karena belajar. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.116

Astiana, R. P. (2023, August 1). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA SDN 200 Bulue Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Retrieved from https://eprints.unm.ac.id/33300

Efendi, N., & Putri, L. (2022). Studi literatur kesulitan siswa pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 13084–13089. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10700

Endraswara, S. (2021). Filsafat ilmu. Media Pressindo.

Gea, L. F. (2021). Perbedaan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam antara strategi pembelajaran aktif tipe team quiz dan practice rehearsal pairs siswa madrasah aliyah swasta kota Gunungsitoli (Masters thesis). Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/15878/

Handoko, S. B., Sumanta, S., & Karman, K. (2022). Konsep pengembangan sumber belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 11275–11286. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10234

Harefa, M., Harefa, J. E., Harefa, A., & Harefa, H. O. N. (2023). Kajian analisis pendekatan teori konstruktivisme dalam proses belajar mengajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 289–297. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.150

Hidayah, M. U., & Jumadi, J. (2023). Filsafat pedagogi kritis dalam pendidikan IPA. Samarinda: CV. Bo’ Kampong Publishing (BKP). Retrieved from http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3664

Hidayati, I. W., Azura, N., & Noviyanti, S. (2022). Strategi pembelajaran aktif pada sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 216–221. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4295

Hulu, S. E. (2016). Penggunaan model pembelajaran practice rehearsal pairs untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 023903 Binjai (Undergraduate thesis). https://doi.org/10/13.%20NIM%201123111086%20BAB%20V.pdf

Inriani, Y. (2019). Penerapan metode course review horay untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VII pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan (Bachelor thesis). Retrieved from https://doi.org/10/ilovepdf_merged%20%287%29.pdf

Jelita, M., Ramadhan, L., Pratama, A. R., Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Teori belajar behavioristik. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(3), 404–411. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.16174

Jf, N. Z., & Azmi, K. (2022). Strategi pembelajaran aktif pada anak usia dini. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5312

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil belajar IPA siswa SD di daerah tertinggal dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111

Marpaung, J. (2017). Pengaruh pola asuh terhadap kecerdasan majemuk anak. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1). https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1118

MARYATUN, M. (2012). Penerapan model pembelajaran practice rehearsal pairs (Praktek Berpasangan) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 02 Malanggaten, Kebakramat, Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 (Undergraduate thesis). Retrieved from https://doi.org/10/LAMPIRAN.pdf

Munawir, A., & Padallingan, Y. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi Di Kelas IV SDN 6 Sopai. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 57-65.

Munawir, A., Yusuf, M., Riawarda, A., Nursyamsi, N., & Mirnawati, M. (2022). Pengembangan Museum Budaya Rambu Solo Ne’Gandeng melalui Pembuatan Video Profil. Madaniya, 3(1), 145-152.

Munawir, A. (2024). Analysis of Learning Management System Needs in Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 211-218.

Mutmainah, N., & Khaeroni, K. (2018). Penggunaan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA tentang energi. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 10(1), 19–28. https://doi.org/10.32678/primary.v10i1.1255

Nasem, N., Rudiyana, R., & Nurzaman, D. R. (2021). Penerapan metode probing promting dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 2(1), 47–57. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.291

Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped classroom: Membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif. Penerbit Andi.

Ramadanti, M., Sary, C. P., & Suarni, S. (2022). Psikologi kognitif (Suatu kajian proses mental dan pikiran manusia). Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 8(1), 56–69. https://doi.org/10.30863/ajdsk.v8i1.3205

Rosnawati, R., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. (2021). Aksiologi ilmu pengetahuan dan manfaatnya bagi manusia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 186–194. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i2.35975

Syarifah, S. (2019). Konsep kecerdasan majemuk Howard Gardner. Jurnal Sustainable, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: Pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.

Wahyuningsih, W. (2020). Alat evaluasi sebagai indikator keberhasilan pembelajaran. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1120

Widayati, S. (2019). Peranan guru dalam pembelajaran bahasa. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.101

Yanda, M. F. (2021). Pembelajaran IPA dalam kondisi pandemi Covid-19 di MIN 3 Metro Pusat (Undergraduate thesis). Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6596/

Zaelani, M. I. (2019). Hukuman dalam pendidikan: Studi komparasi pemikiran Muhammad bin Jamil Zainu dan B.F. Skinner (Dalam kitab Nidāu Ilā al-Murabbiyīna wa al-Murabbiyāti Litaujīhi al-Banīna wa alBanāti dan buku Science and Human Behavior). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46803

Downloads

Date published articles:

2024-08-07

Cite on this Journal:

Sikabe, A., & Baderiah, B. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Penegetahuan Alam melalui Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 13(2), 71–86. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/355