Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Penegetahuan Alam melalui Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Practice Rehearsal Pairs, hasil belajar IPA, strategi pembelajaran aktifAbstract
Penelitian ini membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas III dan IV SDN 93 Tombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs pada materi ciri-ciri makhluk hidup dan meningkatkan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III dan IV SDN 93 Tombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi PRP efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa adalah 70 dengan persentase keberhasilan 55%. Setelah dilakukan perbaikan dan penyesuaian pada siklus kedua, rata-rata nilai meningkat menjadi 88 dengan persentase keberhasilan 100%. Semua siswa berhasil mencapai nilai minimal 80, yang menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan terhadap materi yang dipelajari.
References
Adibah, R. R. (2010, July 8). Pengaruh strategi pembelajaran practice-rehearsal pairs terhadap hasil belajar matematika siswa. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21208
Anidar, J. (2017). Teori belajar menurut aliran kognitif serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 3(2), 8–16. https://doi.org/10.15548/atj.v3i2.528
Arifin, H. Z. (2017). Perubahan perkembangan perilaku manusia karena belajar. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.116
Astiana, R. P. (2023, August 1). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA SDN 200 Bulue Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Retrieved from https://eprints.unm.ac.id/33300
Efendi, N., & Putri, L. (2022). Studi literatur kesulitan siswa pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 13084–13089. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10700
Endraswara, S. (2021). Filsafat ilmu. Media Pressindo.
Gea, L. F. (2021). Perbedaan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam antara strategi pembelajaran aktif tipe team quiz dan practice rehearsal pairs siswa madrasah aliyah swasta kota Gunungsitoli (Masters thesis). Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/15878/
Handoko, S. B., Sumanta, S., & Karman, K. (2022). Konsep pengembangan sumber belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 11275–11286. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10234
Harefa, M., Harefa, J. E., Harefa, A., & Harefa, H. O. N. (2023). Kajian analisis pendekatan teori konstruktivisme dalam proses belajar mengajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 289–297. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.150
Hidayah, M. U., & Jumadi, J. (2023). Filsafat pedagogi kritis dalam pendidikan IPA. Samarinda: CV. Bo’ Kampong Publishing (BKP). Retrieved from http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3664
Hidayati, I. W., Azura, N., & Noviyanti, S. (2022). Strategi pembelajaran aktif pada sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 216–221. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4295
Hulu, S. E. (2016). Penggunaan model pembelajaran practice rehearsal pairs untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 023903 Binjai (Undergraduate thesis). https://doi.org/10/13.%20NIM%201123111086%20BAB%20V.pdf
Inriani, Y. (2019). Penerapan metode course review horay untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VII pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan (Bachelor thesis). Retrieved from https://doi.org/10/ilovepdf_merged%20%287%29.pdf
Jelita, M., Ramadhan, L., Pratama, A. R., Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Teori belajar behavioristik. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(3), 404–411. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.16174
Jf, N. Z., & Azmi, K. (2022). Strategi pembelajaran aktif pada anak usia dini. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5312
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil belajar IPA siswa SD di daerah tertinggal dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111
Marpaung, J. (2017). Pengaruh pola asuh terhadap kecerdasan majemuk anak. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1). https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1118
MARYATUN, M. (2012). Penerapan model pembelajaran practice rehearsal pairs (Praktek Berpasangan) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 02 Malanggaten, Kebakramat, Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 (Undergraduate thesis). Retrieved from https://doi.org/10/LAMPIRAN.pdf
Munawir, A., & Padallingan, Y. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi Di Kelas IV SDN 6 Sopai. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 57-65.
Munawir, A., Yusuf, M., Riawarda, A., Nursyamsi, N., & Mirnawati, M. (2022). Pengembangan Museum Budaya Rambu Solo Ne’Gandeng melalui Pembuatan Video Profil. Madaniya, 3(1), 145-152.
Munawir, A. (2024). Analysis of Learning Management System Needs in Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 211-218.
Mutmainah, N., & Khaeroni, K. (2018). Penggunaan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA tentang energi. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 10(1), 19–28. https://doi.org/10.32678/primary.v10i1.1255
Nasem, N., Rudiyana, R., & Nurzaman, D. R. (2021). Penerapan metode probing promting dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 2(1), 47–57. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.291
Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped classroom: Membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif. Penerbit Andi.
Ramadanti, M., Sary, C. P., & Suarni, S. (2022). Psikologi kognitif (Suatu kajian proses mental dan pikiran manusia). Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 8(1), 56–69. https://doi.org/10.30863/ajdsk.v8i1.3205
Rosnawati, R., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. (2021). Aksiologi ilmu pengetahuan dan manfaatnya bagi manusia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 186–194. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i2.35975
Syarifah, S. (2019). Konsep kecerdasan majemuk Howard Gardner. Jurnal Sustainable, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: Pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.
Wahyuningsih, W. (2020). Alat evaluasi sebagai indikator keberhasilan pembelajaran. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1120
Widayati, S. (2019). Peranan guru dalam pembelajaran bahasa. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.101
Yanda, M. F. (2021). Pembelajaran IPA dalam kondisi pandemi Covid-19 di MIN 3 Metro Pusat (Undergraduate thesis). Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6596/
Zaelani, M. I. (2019). Hukuman dalam pendidikan: Studi komparasi pemikiran Muhammad bin Jamil Zainu dan B.F. Skinner (Dalam kitab Nidāu Ilā al-Murabbiyīna wa al-Murabbiyāti Litaujīhi al-Banīna wa alBanāti dan buku Science and Human Behavior). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46803
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2024 Afna Sikabe, Baderiah Baderiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.