Efektivitas Penggunaan Ice Breaking pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Kelas II Sekolah Dasar
Keywords:
Ice Breaking, Penjumlahan, Pengurangan, Bilangan CacahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok intervensi dengan menggunakan ice breaking, 2) hasil pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran langsung, 3) efektivitas penggunaan ice breaking dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 siswa, dimana 22 siswa kelas IIA yang masuk dalam kelompok intervensi dan 22 siswa kelas IIB masuk dalam kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yakni instrumen tes penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok intervensi dengan menggunakan ice breaking diperoleh data dengan nilai rata-rata sebesar 42,50 menjadi 92,25, 2) hasil pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran langsung diperoleh data dengan nilai rata-rata sebesar 38,75 menjadi 64,25, 3) penggunaan ice breaking efektif dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada Kelas II SD Negeri 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu.
References
Yunisa, Mika, et al. “Analisis Kemampuan Belajar Statistika Melalui Reciprocal Teaching pada Kelas XII 1 SMA Negeri 12 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2 (2), 2021
Deswanti, Ida Ayu Putu, el al. “Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik.” Tanggap: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar 1 (1), 2020
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2016
Wibowo, Hendro. Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah. (Yogyakarta: UAD Press, 2019), 54.
Novianti, Silvina, et al. “Implementasi Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran di SD 64/I Muara Bulian.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4 (3), 2022: 501-510.
Oktaviani, Utari, et al. “Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong.” Math Locus: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika 1 (1), 2020
Marwiyah, St, Alauddin, and Muh. Kaerul Ummmah. Perencanaan Pembelajaran Kontemporer: Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. (Yogyakarta: Deepublish, 2018),
Devi, Dewa Ayu Putu Putri Sri, et al. "Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMK Wira Harapan." Indonesian Journal of Educational Development 3 (2), 2022
Amelia, Sabela, et al. “Hubungan Penggunaan Ice Breaking Terhadap Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik.” Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan 9 (1), 2023
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2024 ambarwati ambar, lilis suryani, Baderiah Baderiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.