Efektivitas Penggunaan Ice Breaking pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Ambarwati Ambarwati iain palopo
  • Lilis Suryani
  • Baderiah Baderiah

Keywords:

Ice Breaking, Penjumlahan, Pengurangan, Bilangan Cacah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok intervensi dengan menggunakan ice breaking, 2) hasil pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran langsung, 3) efektivitas penggunaan ice breaking dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 siswa, dimana 22 siswa kelas IIA yang masuk dalam kelompok intervensi dan 22 siswa kelas IIB masuk dalam kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yakni instrumen tes penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok intervensi dengan menggunakan ice breaking diperoleh data dengan nilai rata-rata sebesar 42,50 menjadi 92,25, 2) hasil pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran langsung diperoleh data dengan nilai rata-rata sebesar 38,75 menjadi 64,25, 3) penggunaan ice breaking efektif dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada Kelas II SD Negeri 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu.

References

Yunisa, Mika, et al. “Analisis Kemampuan Belajar Statistika Melalui Reciprocal Teaching pada Kelas XII 1 SMA Negeri 12 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2 (2), 2021

Deswanti, Ida Ayu Putu, el al. “Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik.” Tanggap: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar 1 (1), 2020

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2016

Wibowo, Hendro. Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah. (Yogyakarta: UAD Press, 2019), 54.

Novianti, Silvina, et al. “Implementasi Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran di SD 64/I Muara Bulian.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4 (3), 2022: 501-510.

Oktaviani, Utari, et al. “Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong.” Math Locus: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika 1 (1), 2020

Marwiyah, St, Alauddin, and Muh. Kaerul Ummmah. Perencanaan Pembelajaran Kontemporer: Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. (Yogyakarta: Deepublish, 2018),

Devi, Dewa Ayu Putu Putri Sri, et al. "Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMK Wira Harapan." Indonesian Journal of Educational Development 3 (2), 2022

Amelia, Sabela, et al. “Hubungan Penggunaan Ice Breaking Terhadap Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik.” Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan 9 (1), 2023

Downloads

Date published articles:

2023-11-16

Cite on this Journal:

Ambarwati, A., Suryani, L. ., & Baderiah, B. . (2023). Efektivitas Penggunaan Ice Breaking pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 12(4), 46–52. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/280