Kebijakan Pemerintah dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah Pendidikan Islam
Keywords:
Kebijakan pendidikan Islam, kualitas pendidikan, madrasah, desentralisasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas sekolah pendidikan Islam, mengidentifikasi tantangan dalam implementasinya, serta merumuskan strategi yang dapat meningkatkan efektivitas kebijakan tersebut. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang menelaah berbagai regulasi, penelitian terdahulu, dan literatur terkait kebijakan pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun berbagai kebijakan telah diterapkan, implementasinya masih menghadapi kendala, seperti keterbatasan anggaran, rendahnya kesejahteraan tenaga pendidik, kurangnya infrastruktur, serta standar pengajaran yang belum merata. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan desentralisasi pengelolaan madrasah, peningkatan alokasi anggaran, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pemangku kebijakan dalam menyusun regulasi yang lebih efektif dan berkelanjutan guna meningkatkan daya saing pendidikan Islam di era modern
References
Abdurrohman, M. C. (2022). Perencanaan Kurikulum Pendidikan Islam. Rayah Al-Islam, 6(01), 11–28.
Afkari, S. G., Subekti, H. I., Suaduon, J., Parida, P., Aziwantoro, J., Maisah, M., & Jamrizal, J. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 498–513.
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Anwar, S. (2019). Pendidikan Karakter Islam Dalam Dunia Pendidikan Indonesia. Tafhim Al-’Ilmi, 11(1), 164–163.
Arief, M. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SD Insan Amanah Malang). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1–13.
Arif, M. (2013). Manajemen madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan Islam. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), 415–438.
Arifah, N. (2020). Manajemen perubahan dalam mewujudkan madrasah berprestasi. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 57–70.
Dacholfany, M. I. (2017). Inisiasi strategi manajemen lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia islami di Indonesia dalam menghadapi era globalisasi. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01). http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/article/view/330
Fahmi, F. (2020). Manajemen pendidikan pengembangan madrasah dan profesionalisme guru pada lembaga pendidikan islam. K-Media. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2636/1/Manajemen%20Pendidikan_Fahmi.pdf
Hidayah, H. (2023). Pengintegrasian Sistem Informasi Dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOS) Di SD Swasta Widya 4 Batam. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 18–28.
Hidayat, H., & Ibrahim, I. (2023). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumber Daya Tenaga Pendidik. Jambura Journal of Educational Management, 312–325.
Huda, K. (2016). Problematika madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan islam. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(2), 309–336.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122.
Ilham, D. (2020). The Challenge of Islamic Education and How to Change. International Journal of Asian Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i1.16
Kuhlthau, C. C. (2002). Teaching the Library Research Process. Rowman & Littlefield.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.