Triologi Kecerdasan dan Perbandingan Beberapa Pendapat tentang Kecerdasan Manusia

Authors

  • Ahmad Mudzakkir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Hamzah Harun Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Andi Aderus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Keywords:

kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, pandangan Islam, triologi kecerdasan, pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pandangan Islam mengenai konsep triologi kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ), serta perbedaannya dengan teori kecerdasan yang berkembang di Barat, khususnya teori EQ dari Daniel Goleman dan Multiple Intelligences dari Howard Gardner. Dalam Islam, kecerdasan dipandang sebagai anugerah dari Allah yang tidak hanya terbatas pada kemampuan berpikir logis dan mengelola emosi, tetapi juga mencakup dimensi spiritual yang berhubungan dengan hubungan manusia dengan Tuhan. Pendekatan Islam memberikan penekanan khusus pada SQ sebagai fondasi utama yang mengarahkan IQ dan EQ, membentuk manusia yang tidak hanya cerdas secara intelektual dan emosional, tetapi juga memiliki tujuan hidup yang lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan, dan hasilnya menunjukkan bahwa konsep kecerdasan dalam Islam lebih holistik dan seimbang, di mana setiap kecerdasan saling melengkapi dan membentuk karakter insan kamil. Konsep ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pengembangan pendidikan yang berorientasi pada keseimbangan antara duniawi dan ukhrawi.

References

Afif, A., & Pahlawat, S. F. (2022). Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Menurut Dr. Ary Ginanjar Agustian. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.32492/sumbula.v7i2.5113

Agustian, A. G. (2002). Rahasia Suskses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual. ESQ Arga.

Amelia, R., Saputro, A. I., & Purwanti, E. (2022). Internalisasi Kecerdasan Iq, Eq, Sq dan Multiple Intelligences dalam Konsep Pendidikan Islam (Studi Pendekatan Psikologis). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 7(02), Article 02. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v7i02.232

Boyatzis, R. E., Goleman, D., & Rhee, K. S. (2000). Clustering competence in emotional intelligence: Insights from the Emotional Competence Inventory. In The handbook of emotional intelligence: Theory, development, assessment, and application at home, school, and in the workplace (pp. 343–362). Jossey-Bass/Wiley.

Busthomi, Y., A’dlom, S., & Kusmayadi, R. C. R. (2020). Pendidikan Kecerdasan Spiritual dalam Al-Qur’an Surat Al-Luqman. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), Article 2.

Fajri, B. (2023). Konsep Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional Persepektif Ibnu Athaillah As- Sakandari. Tihamah: Jurnal Studi Islam, 1(02), Article 02. https://doi.org/10.61444/tihamah.v1i02.16

Faliyandra, F. (2019). Konsep Kecerdasan Sosial Goleman dalam Perspektif Islam (Sebuah Kajian Analisis Psikologi Islam). Faisal Faliyandra.

Pandi, A., Amri, M., & Mahmuddin. (2023). Trilogi Kecerdasan dan Kaitannya dengan wahyu (Analisis Tentang Potensi IQ, EQ, dan SQ. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.58540/isihumor.v1i2.212

Ruslan, R., Mahmuddin, M., & Aderus, A. (2023). Kaitan Potensi IQ, EQ, Dan SQ dengan Wahyu. Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.33627/es.v6i2.1620

Safitri, D., Zakaria, Z., & Kahfi, A. (2023). Pendidikan Kecerdasan Spiritual Perspektif Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 6, 78–98. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v6i1.467

Satiri, I., Oki, A., & Safei, A. (2023). Isyarat Al-Qur`an Tentang Kecerdasan Sebagai Keimanan dan Amal Saleh | ZAD Al-Mufassirin. https://jurnal.stiqzad.ac.id/index.php/zam/article/view/48

Sriani, S. (2015). Urgenci Keseimbangan Iq, Eq, Sq Pendidik dalam Proses Manajemen Pembelajaran. Nur El-Islam. https://www.neliti.com/publications/226449/

Zakiyah. (2019). Implementasi Konsep Segitiga S Berbasis Trilogi Santri dan Panca Kesadaran Santri dalam Meningkatkan Piramida Belajar. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.33650/edureligia.v3i1.854

Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ - Kecerdasan Spiritual. Mizan Pustaka.

Downloads

Date published articles:

2024-11-16

Cite on this Journal:

Mudzakkir, A., Harun, H., & Aderus, A. (2024). Triologi Kecerdasan dan Perbandingan Beberapa Pendapat tentang Kecerdasan Manusia. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(3), 397–404. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/388