Pengembangan E-modul Berbasis Aplikasi Canva Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 12 Kolaka Utara
Keywords:
E-modul, Canva, Pendidikan Agama Islam, TaharahAbstract
Pengembangan E-modul berbasis aplikasi Canva Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 12 Kolaka Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran e-modul berbasis aplikasi canva. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu tahapp analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket praktikalitas. Adapun Teknik analisis datanya adalah analisis deskriptid kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berdasarkan pada hasil penilaian lembar validasi ahli memperoleh persentase 71,15% dengan kategori valid. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 93,33% dengan kriteria sangat valid. Adapun hasil uji praktikalitas dari pendidik memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas dari peserta didik memperoleh persentase 85% dengan kategori sangat praktis. Maka, e-modul berbasi aplikasi canva bidang studi pendidikan agama islam pada materi taharah layak digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Ahsin, W. Al-Hafidz. (2007). Fikih Kesehatan. AMZAH.
Baroroh, H. R., & Muyasaroh, M. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran PAI Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Muhammadiyah Sidayu Gresik. Tamaddun Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan. 21(1), 96. http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1380
Dwi Cahyani, D., & Chendra Wibawa, S. (2019). Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Komputer kelas X Multimedia di SMKN 1 Driyorejo. Jurnal IT-Edu. 4(1), 9-13.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Volt: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. 2(1), 11-16. http://dx.doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Khulaifiyah, Putri, S.S., Suryanti, N., & Mahammah. (2022). E-modul dengan Canva Apps untuk Mendorong Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat Universitas. 6(5), 420-428. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/22972
Laili, I., G., & U. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 3(3), 306-315. https://doi.org/1023887/jipp.v3i3.21840
Makmur, S. Pd.I., & S. Pd.I Suparman. (2018). Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah. Penerbit Aksara Timur.
Munawir, K., Makmur, M., Rasyid, M. N., Naro, W., Usman, S., & Pajarianto, H. (2023). Character Building Training Model For Young People to Strengthen Religious Moderation. HTS Theological Studies. 79(1), 1-7. https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8552
Nufus, H., Susilawati, S., & Linda, R. (2020). Implementation Of E-module Stoiciometry Based on Kvisoft Flipbook Maker For Increasing Understanding Study Learning Concepts of Class X Senior High School. Journal of Educational Sciences. 4(2), 261-272. https://doi.org/10.31258/jes.4.2.p.261-272
Pemerintah Pusat, I. (2003). Undang-undang (UU) Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pemerintah Pusat.
Purwati, D., & Aswad A, M.H. (. Efektifitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Exchange (CGE) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman. AL-Khawarizmi Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 3(2), 71-76. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.237
Rosdiana. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT dan Pengaruh terhadap Tingkat Kelulusan Ujian Nasional Siswa pada Sekolah Menengah di Kota Palopo (Studi Kasus di 5 Sekolah di Kota Palopo). Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 4(1), 74. https://ejournal.iainpalopo.ad.id/imdex.php/al-khawarizmi/articel/view/253/211.
Sitepu, S. (2020). Analisis Kesesuaian Materi Ajar dengan Tes Hasil Belajar Mahasiswa di Lingkungan FKIP UHN Medan Sepren. 2(1), 1. https://.doi.org/10.36655/sepren.v2i1.276
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-modul interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan. 15(2), 139-144. https://dx.doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809