Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Berbantuan Google Sites dalam Peningkatkan Minat Belajar Siswa
Keywords:
Penelitian dan Pengembangan, Bahan ajar, Sejarah Kebudayaan Keislaman, Google sites, Minat Belajar Siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, mengembangkan bahan ajar, serta menguji validitas dan kepraktisan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam yang menggunakan Google Sites. Penelitian ini mengikuti model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri Palopo selama periode Januari hingga Maret 2024. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi, lembar praktikalitas, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya kebutuhan untuk bahan ajar berbasis Google Sites dalam proses pembelajaran di MTs Negeri Palopo. Setelah pengembangan bahan ajar, dilakukan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut memperoleh nilai 88% (sangat valid) dari ahli materi dan 85% (sangat valid) dari ahli media. Selain itu, terdapat peningkatan minat belajar siswa setelah penggunaan bahan ajar berbasis Google Sites sebesar 48,3%. Minat belajar siswa sebelum penggunaan produk adalah 41,3% (cukup berminat), sementara setelah penggunaan produk meningkat menjadi 89,6% (sangat berminat). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam berbasis Google Sites terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII A di Madrasah Tsanawiayah Negeri Palopo. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi bahan ajar berbasis Google Sites dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan keterlibatan dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, serta dapat diadopsi secara lebih luas di institusi pendidikan serupa untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih optimal.
References
Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245
Aziz, M. A., & Sanwil, T. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme dan Aplikasi Nya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), Article 1.
Darpindo, W., & Yahya, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Seni Budaya Materi Seni Rupa Kelas X Berbasis Flipbook di SMA Adabiah 1 Padang. Realisasi : Ilmu Pendidikan, Seni Rupa Dan Desain, 1(4), 15–28. https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i4.303
Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207
Lailiyah, N., & Wathon, A. (2021). Sofware dan Efektifitas Pembelajaran (2). 4(2), Article 2.
Nurjannah, P., & Dahnial, I. (2024). Pengembangan Media Boardbook Berbasis Metode Kontekstual pada Subtema Kewajiban dan Hakku di Rumah di Kelas III SDN 066057 Medan Denai. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13058
Pratama, D. P. A., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Handout Digital Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 15–28. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25327
Purwodani, D. L., Hardika, Baskara, D. S., & Muttaqin, N. (2023). Kontribusi Instructional Audio-Visual (IAV) dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 24(2), Article 2. https://doi.org/10.33830/ptjj.v24i2.6545.2023
Savika, H. I., Nawali, J., Mufidah, I. K., & Susilawati, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran di MI dan SD. CAHAYA: Journal of Research on Science Education, 2(1), Article 1.
Syafitri, V. A., Muhammad, D., & Asrial, A. (2024). Dampak Pemilihan dan Organisasi Texts On-Screen, Video dan Narasi Untuk Mengurangi Beban Kognitif Siswa Terhadap Performance Low Achievement Students pada Pembelajaran IPA SMP [Masters, Universitas Jambi]. https://doi.org/10/7/DAFTAR%20PUSTAKA%20tesis.pdf
Wardana, A. K., Handayani, D. S., Kaunang, R. R., & Setijadi, N. N. (2024). Peranan Ict Dan Digital Media Dalam Edukasi. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i2.1693