Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Berbasis Nilai-nilai Keislaman Subtema Anggota Keluargaku di Kelas I UPT SDN 230 Tondo Tangnga Luwu Utara

Authors

  • Pusniati Pusniati Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Sukirman Nurdjan Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Alauddin Alauddin Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Pengembangan Bahan Ajar, Buku Cerita Bergambar, Nilai-nilai Keislaman

Abstract

Artikel ini merupakan penelitian yang mengkaji pengembangan bahan ajar dengan bentuk cerita bergambar berdasarkan nilai-nilai keislaman tema keluargaku subtema anggota keluargaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analisis kebutuhan, merancang bahan ajar, dan mengevaluasi validitas dan kepraktisan bahan ajar cerita bergambar berbasis nilai-nilai keislaman tema keluargaku subtema anggota keluargaku. Studi ini merupakan penelitian tipe R&D (Research and Development) yang mengadopsi model pengembangan 4D (Four-D). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas I SDN 230 Tondok Tangnga, sementara objek penelitian adalah bahan ajar berupa cerita bergambar yang telah dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar wawancara juga kuisioner. Selanjutnya, data dianalisis dengan cara deskriptif bagi data kualitatif dan berbantuan rumus likert bagi data kuantitatif. Studi ini menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar buku cerita bergambar dengan hasil penilaian ahli agama 97,5% (kategori valid), ahli desain dengan nilai 81,6% (kategori valid), dan ahli bahasa dengan nilai 78,3% (kategori cukup valid). Hasil uji praktikalitas menunjukkan nilai persentase 82% ( kategori sangat praktis). Implikasinya, bahan ajar buku cerita bergambar ini dapat diandalkan sebagai sumber pendidikan yang valid dan praktis, sehingga diharapkan mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran bagi siswa.

References

Abusyairi, Khairi. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Dinamika Ilmu 13 (1).

Haeril, Muhammad Yaumi, Usman, and La Ode Ismail Ahmad. 2021. “"Pengembangan Bahan Ajar Cetak Pendidikan Agama Islam Berbasis Mind Mapping.” Ar Raniry: International Journal of Islamic Studies 8 (2): 155–66.

Haryono, Novan, and Roony Octavia. 2020. “Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen.” Industri Elektro Dan Penerbangan 4 (1): 20–27.

Idris, Saifullah. 2017. Internalisasi Nilai Dalam Pendidikan (Konsep Dan Kerangka Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Yogyakarta: Darussalam Publishing.

Jeneva, Yohana, Isnaini Leo Shanty, and Legi Elfitra. 2023. “Kevalidan Media Pembelajaran Tembak Panah Pada Pembelajaran Membaca Teks Biografi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas” 1 (3): 24–31.

K, Riris, and Toha Sarumpaet. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Surabaya: Jaring Pena.

Made Intan Asri Devi, Ni. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3 (3): 417–28. http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i3.

Nesri, Fabiana Dini Prawingga, and Yosep Dwi Kristanto. 2020. “Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9 (3): 480–92.

Noviandari, Astika, and Dhiniaty Gularso. 2022. “Budaya Membaca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sokaraja Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta.” Jurnal Cakrawala Pendas 8 (1): 276–90. doi: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2880%0Ap-ISSN:

Ratnasari, Eka Mei, and Enny Zubaidah. 2019. “Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9 (3): 267–75. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275.

Sadjati, Ida Malati. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sri, Latifah. 2015. “Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BIRuNi 4. No 2: 163-164. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/89/81.

Yuniarti, Intan, I Nyoman Karma, and Siti Istiningsih. 2021. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Tema Cita-Citaku Subtema Aku Dan Cita-Citaku Kelas IV.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6 (4): 691–97. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.318.

Downloads

Date published articles:

2024-05-02

Cite on this Journal:

Pusniati, P., Nurdjan, S., & Alauddin, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Berbasis Nilai-nilai Keislaman Subtema Anggota Keluargaku di Kelas I UPT SDN 230 Tondo Tangnga Luwu Utara. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(1), 163–180. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/338