Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Materi Mengenal Lambang Pancasila Berbantuan Media Papan Pintar di Kelas II SDN 011 Tatoa Kabupaten Mamasa
Keywords:
media papan pintar, lambang pancasila, hasil belajar PKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi mengenal lambang pancasila siswa kelas II SDN 011 Tatoa Kabupaten Mamasa. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitia tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini Siswa kelas 2 SDN 011 Tatoa sebanyak 15 siswa, yang terdiri dari sebelas siswa laki- laki dan empat siswa perempuan. Instrumen penelitian diperoleh dari hasil tes siswa, observasi siswa, observasi pendidik. Hasil penelitian dan evaluasi siklus I menunjukkan bahwa capaian siswa masih rendah, dengan hanya satu siswa masuk kategori tinggi (nilai 76-80), lima siswa masuk kategori sedang (nilai 70-75), dan Sembilan siswa masuk kategori rendah (nilai 0-69). Nilai rata-rata mencapai 62 dengan persentase ketuntasan 40% pada siklus I.Peneliti melakukan perbaikan pada pembelajaran siklus II. Hasil evaluasi mata pelajaran pendidikan pancasila siklus II menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 8 siswa mendapatkan nilai (75-90), 7 siswa mendapatkan nilai(65-74), dan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah 65. Nilai rata-rata mencapai 73,13 dengan persentase 80%. Berdasarkan penelitian ini, disarankan agar memperluas, sekaligus mencari solusi permasalahan yang diperoleh belajar mengajar dengan melakukan penelitian tindakan kelas,salah satunya menggunakan media papan pintar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam rangka meningkatkan hasil belajar.
References
Arifin, M., Syahputra, H., & Batubara, I. H. (2022). Media Pembelajaran Berbasis ICT (1st ed.). umsu press.
Bopo, G., Ngura, E. T., Fono, Y. M., & Laksana, D. N. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi dengan Media Pembelajaran Papan Pintar Berhitung pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), Article 3. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1998
Damayanti, F., & Nugroho, A. S. (2023). Pengembangan Pakapin (Papan Kantong Pintar) pada Materi Lambang Pancasila dan Pengamalan Sila Pancasila Kelas II Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9537
Febryana, M. R. N., Alfinnaja, N., Widodo, S. T., & Tugiran. (2023). Penerapan Sila Pancasila sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Unggul Siswa SD melalui Media Pembelajaran Kantong Ajaib. Jurnal Basicedu, 7(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6379
Gumilar, E. B. (2023). Problematika Pembelajaran IPA Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PEDAGOGY, 16(1), Article 1.
Isti`adah, F. N. (2020). Teori-Teori Belajar dalam Pendidikan (1st ed.). Edu Publisher.
Langka, F. R., & Setyadi, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran papan pintar aljabar untuk materi persamaan linear satu variabel: Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 335–347. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2146
Lu’lu’a, K., Luthfiana, L., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Khusna, D. S. (2023). Strategi Mengatasi Kesulitan Membaca pada Pelajaran Pancasila Siswa Kelas 1 Menggunakan Media Papan Pintar Pancasila. Jurnal Basicedu, 7(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6405
Mahtumi, I., Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Projects Based Learning) (1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.
Maradika, A. P., Kumalasari, E., Azizah, W. A., Widodo, S. T., & Nurkhikmah, A. (2023). Pengaruh Media Smart Box dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas II SD Negeri Tugurejo 02 Materi Penerapan Nilai Pancasila. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), Article 5. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2181
Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.47
Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104–126.
Sukiyati, N., Yudiana, K., & Ujianti, P. R. (2023). Media Papan Pintar berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk Siswa Kelas II SD. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.64312
Suryadi, R. A. (2018). Ilmu Pendidikan Islam (1st ed.). Deepublish.
Sutiah. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Nizamia Learning Center.
Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas (1st ed.). Deepublish.
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran (1st ed.). Puri Cipta Media.
Widiana, G. T., & Sa’diyah, N. (2023). Pengembangan Media Papan Pancasila Pintar (Papantar) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), Article 2.