Pengaruh Game Free Fire Terhadap Keterampilan Berbahasa Anak Usia 10-11 Tahun di SDN 309 Ujung Bassiang Kabupaten Luwu

Authors

  • Aswadi Aswadi Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Sukirman Sukirman Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Ahmad Munawir Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Game Free Fire, Keterampilan Bahasa, Anak Usia 10-11 Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pengaruh Game Free Fire Terhadap Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar Negeri 309 Ujung Bassiang usia 10-11 tahun 2023. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini memungkinkan pengumpulan data dilakukan secara langsung di lapangan, sehingga memungkinkan pengamatannya terhadap subjek penelitian dalam konteks aslinya. Subyek penelitian akan difokuskan pada siswa Sekolah Dasar Negeri 309 Ujung Bassiang yang berusia 10-11 tahun. Instrumen penelitian yang akan digunakan mencakup pedoman observasi, angket, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game Free Fire berdampak pada keterampilan berbahasa siswa. Sebagian besar siswa mengatakan bahwa game ini meningkatkan kemampuan berbicara dan interaksi sosial. Data menunjukkan 78,1% siswa setuju bahwa Free Fire meningkatkan kelancaran berbicara, dan wawancara mengkonfirmasi bahwa game ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi. Namun, efek negatif juga terdeteksi, seperti penggunaan kata-kata kasar dan gangguan pada waktu belajar. Oleh karena itu, diperlukan bimbingan dari orang tua dan pendidik untuk memaksimalkan manfaat positif sambil menghindari dampak negatifnya.

References

Apendi, M., Maharin, H., & Sutarno, S. K. (2023). Meningkatkan Keterampilan Sosial melalui Permainan Tradisional pada Anak Tunarungu di SLB-B Beringin Bhakti Talun. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24235/prophetic.v6i2.16667

Ayub, M. (2022). Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial pada Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.30870/jpbk.v7i1.14610

Dharma, D. S. A. (2022). Membaca Peran Teori Ekologi Bronfenbrenner dalam Menciptakan Lingkungan Inklusif di Sekolah. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36456/special.vol3.no2.a6642

Fatah, A. H., & Risfina, A. M. (2023). Teori Pemrosesan Informasi dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5256

Fatikh, M. A., & Ramadhani, I. (2023). Anime Sebagai Komunikasi Dalam Membentuk Perilaku Interkasi Sosial. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.53429/j-kis.v4i2.814

Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871

Heryati, Y. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbicara dengan Desain Student Active Learning Kombinasi Synchronous dan Asynchronous. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.4187

Istima, L., Leonardo, B. L., Irma, R. S., & Segara, N. B. (2023). Model Pengukuran Faktor-Faktor Pembentuk Pembelajaran Daring Berdasarkan Teori Ekologi Bronfenbrenner. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 9(2), Article 2.

Minang, P., Rustan, E., & Hisbullah, H. (2023). The Value of Solidarity in Learning Activities Integrated with Traditional Games. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i1.54461

Monika, T. S., Julia, J., & Nugraha, D. (2022). Peran dan Problematika Guru Mengembangkan Keterampilan 4c Abad 21 Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2672

Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47–66. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.221

Nurhayati, N., Huda, N., & Suratno, S. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v10i2.169

Octaviana, E., & Asih, S. W. (2022). Analisis Penggunaan Gadget pada Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Darul Aman Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 53–62. https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i1.15

Prameswara, A. Y., & X, I. P. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDK Wignya Mandala Melalui Pembelajaran Kooperatif: Indonesia. Sapa: Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.53544/sapa.v8i1.327

Westhisi, S. M., & Nuraeni, L. (2022). Penyuluhan Daring Pendekatan Reggio Emilia Melalui Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak dalam Konteks Merdeka Belajar Bagi Pendidik Kober di Desa Cilame Kabupaten Bandung Barat. Abdimas Siliwangi, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6864

Downloads

Date published articles:

2024-05-02

Cite on this Journal:

Aswadi, A., Sukirman, S., & Munawir, A. (2024). Pengaruh Game Free Fire Terhadap Keterampilan Berbahasa Anak Usia 10-11 Tahun di SDN 309 Ujung Bassiang Kabupaten Luwu. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(1), 95–112. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/326