Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Globalisasi pada Siswa Kelas VI di SDN 437 Kariako Kabupaten Luwu
Keywords:
model kooperatif, snowball throwing, hasil belajar IPSAbstract
Tujuan dari adanya penelitian ini yakni untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VI di SDN 437 Kariako melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing khususnya pada mata pelajaran IPS materi globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini ialah guru IPS dan siswa kelas VI dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Data penelitian diperoleh melalui instrumen penelitian dalam bentuk lembar observasi siswa dan guru beserta tes. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,46 dengan kategori cukup baik dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 4,82 dengan kategori baik sekali selanjutnya aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,20 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 4,90 dengan kategori baik sekali. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai persentase 40% hanya 8 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dari 20 siswa yang ada. Adapun Pada siklus II meningkat menjadi 90% atau 18 siswa yang tuntas dari 20 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Snowball Throwing dalam mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 437 kariako.
References
Alfira, N. (2019). Hubungan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Science and Social Research, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.54314/jssr.v2i1.440
Asmendri, A., & Sari, M. (2018). Analisis Teori-Teori Belajar pada Pengembangan Model Blended Learning dengan facebook (MBL-FB). Natural Science, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.15548/nsc.v4i2.449
Ernawati, E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI pada Siswa Kelas VI SD Negeri 8 Sungai Raya. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.51878/learning.v3i3.2463
Fakhrurozi, J., & Adrian, Q. J. (2020). Ekranisasi Cerpen ke Film Pendek: Alternatif Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 91–97.
Faslia, F. (2021). Pengunaan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1046
Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231
Lestary, V. S., Wulandar, R., Fadillah, N. N., & Ismi, M. D. A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Education Research, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.301
Manalu, K., Tambunan, E. P. S., & Sari, O. P. (2022). Snowball Throwing Learning Model: Increase Student Activity And Learning Outcomes. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.51178/jetl.v4i1.413
Noer, R. Z., Mustopa, D., Ramly, R. A., Nursalim, M., & Arianto, F. (2023). Landasan Fılosofıs Dan Analısıs Teorı Belajar Dalam Implementası Kurıkulum Merdeka Dı Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7311
Novitasari, A., Ramadhania, F., Maulana, F., & Nadhif, W. N. (2023). Inovasi Pembelajaran Mapel Matematika Dalam Kurikulum Merdeka Di MIN Kedungwuni. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 178–188. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i2.1513
Pandie, S. G., & Manapa, I. Y. H. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Pendekatan Blended Learning. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/sap.v6i1.8614
Putra, R. A., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.377
Rahmawati, N. I., & Sutiarso, S. (2019). Pembelajaran Kooperatif Sebagai Model Efektif Untuk Mengembangkan Interaksi dan Komunikasi Antara Guru dan Peserta Didik. Eksponen, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.55
Sholeh, M. I. S., Nur, E., & Junaris, I. (2023). Evaluasi dan Monitoring Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Refresh: Manjemen Pendidikan Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.59064/rmpi.v1i2.23
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Suryadi, A., Damopolii, M., & Rahman, U. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya (1st ed.). CV Jejak (Jejak Publisher).