Pengembangan Modul Ajar PAI Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas VII SMPN 7 Satap Malangke

Authors

  • Salmawati Salmawati Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • A. Riawarda Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Dodi Ilham Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Penelitian pengembangan, modul ajar, PAI, pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan modul pembelajaran untuk Pendidikan Agama Islam dan karakter berbasis pembelajaran diferensiasi untuk kelas VII di SMPN 7 Satap Malangke. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan modul pembelajaran, hasil uji validasi, dan hasil uji coba modul pembelajaran yang sedang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE, yaitu: (1) Tahap Analisis (Analysis), (2) Tahap Desain (Design), (3) Tahap Pengembangan (Development), (4) Tahap Implementasi (Implementation). Penelitian ini dilakukan di SMPN 7 Satap Malangke dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII untuk tahun akademik 2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran berbasis pembelajaran diferensiasi. Untuk menentukan validitas modul pembelajaran yang dikembangkan, peneliti memberikan lembar validasi kepada ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil validasi dari ahli media memperoleh skor persentase 80% dalam kategori valid, hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor persentase 80% dalam kategori valid, sedangkan hasil dari ahli bahasa memperoleh skor persentase 87% dalam kategori sangat baik. Untuk menguji efektivitas modul pembelajaran berbasis pembelajaran diferensiasi, diperoleh dari siswa kelas VII di SMPN 7 Satap Malangke dengan persentase 84% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam pengembangan modul pembelajaran untuk Pendidikan Agama Islam dan karakter berbasis pembelajaran diferensiasi, memenuhi kriteria validitas untuk digunakan sebagai materi pembelajaran di SMPN 7 Satap Malangke.

References

Azizah, S. A., Usman, A., Fauzi, M. A. R., & Rosita, E. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Menerapkan Pembelajaran Berdeferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 12–12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.74

Dini, N. L. M., & Ekohariadi, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Percabangan dan Perulangan di SMK Negeri 2 Mojokerto. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 8–16.

Halimah, N., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7552

Ilham, D. (2020). Persoalan-Persoalan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.58230/27454312.22

Kurniasih, E. S., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Baca, Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.398-498

Kusumaningpuri, A. R., & Fauziati, E. (2021). Model Pembelajaran RADEC dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1169

Mubarok, H. (2023). Studi Literatur Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Pedagogi. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59435/jipnas.v1i1.45

Pandie, R. D. Y., Zega, Y. K., Harefa, D., Nekin, S. M., Sapalakkai, R. S., & Sophia, S. (2022). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme bagi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.53547/rdj.v2i1.150

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. JURNAL PEDAGOGY, 16(1), Article 1.

Sa’ida, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9400

Sarnoto, A. Z. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5470

Supardi, A. A., Gusmania, Y., & Amelia, F. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Logaritma. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3744

Waya, H. S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.57094/faguru.v1i2.672

Downloads

Date published articles:

2024-02-01

Cite on this Journal:

Salmawati, S., Riawarda, A. ., & Ilham, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar PAI Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas VII SMPN 7 Satap Malangke. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 361–372. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/316