Optimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbantuan Media Gambar pada Tema 1 Kelas III Sekolah Dasar
Keywords:
Problem based learning, hasil belajar, media gambar, pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL) yang didukung oleh media gambar pada Tema 1 kelas III Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas III SD No 3 Werdi Bhuwana tahun ajaran 2023/2024, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui dokumen, observasi teman sejawat, siswa, dan guru kelas III dengan menggunakan teknik tes dan non-tes. Analisis data melibatkan pengurangan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PBL pada siklus 1 meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Pada siklus 2, pemahaman siswa semakin meningkat, dan siswa dapat dengan baik mengatasi masalah yang diberikan. Secara keseluruhan, rata-rata hasil belajar meningkat dari pra-siklus (46,25) hingga siklus II (85,9), dan tingkat ketuntasan belajar meningkat dari 37,5% pada pra-siklus menjadi 90,6% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar pada Bahasa Indonesia Tema 1 Subtema 1 di kelas III SD No.3 Werdi Bhuwana tahun ajaran 2023/2024 efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Ama, H. D. (2021). Teori Sosiokultural dalam Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.53395/jes.v5i2.414
Fatmawati, I. M. dan L. (2018). Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik (1st ed.). Deepublish.
Febriansyah, R. (2021). Implementasi Teori Psikologi Kognitif Ibnu Qayyim dalam Meluruskan Pernyataan Radikalisme di Indonesia. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(1), 1–5. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.6376
Fitria, S., Harjono, A., Gunawan, G., & Ayub, S. (2021). Pengembangan Perangkat dengan Model Pembelajaran Advance Organizer untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Retensi Fisika Peserta Didik. KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.20414/konstan.v6i1.62
Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains (1st ed.). Deepublish.
Johar, R., & Hanum, L. (2021). Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional (1st ed.). Syiah Kuala University Press.
Khafid, S. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Geografi dengan Pendekatan Konstruktivistik. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jiis.v5i1.18774
Kulbi, S. Z. (2020). Penerapan Psikologi Kognitif Dalam Mengolah Berita Hoax Di Media Sosial Selama Pandemi Covid-19 Di Kampung Santren Surabaya. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.171-198
Marfiyanti, M., Fitriani, S., & Maulida, L. (2020). Inovasi Pendidik PAI dalam Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Kabupaten Padang Pariman. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i2.40
Marlina, Wahab, A., Susidamaiyanti, Ramadana, Nikmah, S. Z., Wibowo, S. E., Indianasari, Syafruddin, Putriawati, W., & Ramdhayani, E. (2021). Pengembangan media pembelajaran SD/MI (1st ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Purnamasari, N. I. (2019). Komparasi Konsep Sosiokulturalisme dalam Pendidikan: Perspektif Barat dan Islam. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.238-261
Rahmah, S. (2022). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), Article 3.
Ramadanti, M., Sary, C. P., & Suarni, S. (2022). Psikologi Kognitif (Suatu Kajian Proses Mental dan Pikiran Manusia). Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30863/ajdsk.v8i1.3205
Sariani, N., Prihantini, Winarti, P., Indrawati, Jumadi, Suradi, A., & Satria, R. (2021). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Edu Publisher.
Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad Ke‐21 (1st ed.). Pustaka Media Guru.
Sinambela, P. N. J. M., Bulan, A., Febrina, A., Susilowaty, N., Fatchurrohman, M., Novianti, W., Sembiring, E. T. B., Chairunnisa, Subroto, D. E., & Mardhiyana, D. (2022). Model-Model Pembelajaran (1st ed.). Sada Kurnia Pustaka.
Suardipa, I. P. (2020). Proses Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i1.555
Sumertha, I. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908