Peningkatan Kompetensi dan Motivasi Belajar Bahasa Inggris dengan Teknik Presentasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu

Authors

  • Firdaus Firdaus SD Negeri No. 27 Padang Ngalla

Keywords:

kompetensi dan motivasi belajar, Bahasa Inggris, teknik presentasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Inggris melalui teknik presentasi pada SMP  Negeri I Bajo Kab. Luwu. Subjek penelitian ini kelas VII yang jumlah siswanya 38 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan ini dilakukan dua siklus. Tiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh dan penelitian tindakan kelas ini: (1) perolehan nilai rata-rata siswa pada prapenelitian 57,11; (2) terjadi peningkatan perolehan nilai rata-rata setelah pelaksanaan siklus I mencapai 68,89 dan siklus II meningkat nilai rata-rata menjadi 71,15; (3) kehadiran siswa belajar dan 93,33% pada siklus I meningkat menjadi 9 7,78% pada siklus II; (4) demikian motivasi siswa belajar meningkat dan 60,52% pada siklus I meningkat menjadi 78,95% pada siklus II.

References

Alfian, E., Kaso, N., Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 54-64.

Depdikbud. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Deepdiknas, 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Efendi, E., Nurdin, K., & Baderiah, B. (2020). Humanist Education: Its Implementation on Scavengers Children’s at TPA Mancani Palopo City. International Journal of Asian Education, 1(3), 155-168.

Fatmawati, F., Hasbi, H., & Nurdin, K. (2020). Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369-383.

Hidayat, 1999. Bulatin Pelangi Pendidikan. Jakarta: Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SLTP.

Ilham, D. (2019). Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City. Jurnal Konsepsi, 8(1), 1-9.

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.

Nurdin, K., Muh, H. S., & Muhammad, M. H. (2019). The implementation of inquiry-discovery learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(1).

Rifuddin, B., Ilham, D., & Nurdin, K. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education (IJAE) by READ Institute, 1(2), 81-94.

Soehendro, Bambang. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus. Jakarta: Depdiknas.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra Inggris. Surabaya: SIC.

TW.Solchan dkk. 2008. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris. Jakarta: Universitas Terbuka

Wardani, I.G.A.K. dkk. 2007. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wiriaatrnadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Date published articles:

2020-02-01

Cite on this Journal:

Firdaus, F. (2020). Peningkatan Kompetensi dan Motivasi Belajar Bahasa Inggris dengan Teknik Presentasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu. Jurnal Konsepsi, 8(4), 132–141. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/90