Integrating Character Values in Junior Secondary Student Writing Learning
Keywords:
integration, character values, writing skills, qualitative descriptiveAbstract
This study aims to determine the integration of character values in junior high school students' writing learning. This research is a descriptive study. The subjects of this study were 35 grade VII students. The data was collected using test results of learning and observation results. The collected data were analyzed using qualitative analysis. The results of the qualitative analysis show the integration of the values of character education, namely the values of responsibility, discipline, honesty, self-confidence, courtesy, hard work, cooperation, respect, meticulousness and meticulousness, which are embedded in the learning of Indonesian for Class VII students of SMP Negeri 2. Bulukumba.
References
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo.
Asmani, J. M. M. (2011). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Diva press.
Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar [Masters, PPS]. http://eprints.unm.ac.id/9378/
Aunillah, N. I. (2011). Panduan menerapkan pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Laksana, 80.
Berkowitz, M. W., Battistich, V. A., & Bier, M. C. (2008). What works in character education: What is known and what needs to be known. Handbook of moral and character education, 414-431.
Borba, M. (2008). Membangun kecerdasan moral. Gramedia Pustaka Utama.
Branson, M. S. (1999). Belajar civic education dari Amerika. Yogyakarta: LkiS.
Budimansyah, D., & Winataputra, U. (2012). Dimensi-dimensi praktik pendidikan karakter.
Budimansyah, D. (2012). Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter. Bandung.
Budimansyah, D., & Suryadi, K. (2008). Pendidikan kewarganegaraan dan masyarakat multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI.
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. BPFE-Yogyakarta.
Diana, D. (2013). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI AJAR KOMPETENSI DASAR MEMBACA DI SMP NEGERI 4 SEMARANG. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 1(1).
Kaso, N., Mariani, M., Ilham, D., Firman, F., Aswar, N., & Iksan, M. (2021). The Principal’s Leadership: How to Improve the Quality of Teaching and Learning Process in State Junior High School of Luwu. Jurnal Ad’ministrare, 8(1), 49–58. https://doi.org/10.26858/ja.v8i1.19126
Kaso, N., Nurjihad, A., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Facebook and its Impact on Students’ Learning Achievement at State Islamic High School of Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 1–15.
Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165-177.
Nurdjan, S. (2015). Korelasi antara Aspek Pembelajaran Kreatif Produktif dan Hasil Kemampuan Menulis Akademik (Karya Tulis Ilmiah) Mahasiswa IAIN Palopo. LP2M IAIN Palopo: Palopo.
Supranoto, H. (2015). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36-49.
Supriyadi, dkk. 2005. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud
Tarigan, H. G. (1986). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Penerbit Angkasa Bandung.
Tompkins, G. E. (1998). Language arts: Content and teaching strategies. Order Processing, Merrill, an imprint of Prentice Hall, PO Box 11071, Des Moines, IA 50336-1071.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2021 Fadly Akbar, Sulkifli Sulkifli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.