Pengembangan Modul Pembelajaran berbasis Quantum Teaching pada Pembelajaran PAI Materi Bekerja Keras dan Tanggung Jawab di Sekolah Menengah Atas
Keywords:
Pengembangan Modul, Quantum Teaching, Bekerja Keras dan Tanggung JawabAbstract
Skripsi ini membahas mengenai Pengembangan Modul Pembelajaran berbasis Quantum Teaching pada Pembelajaran PAI Materi Bekerja Keras dan Tanggung Jawab pada Kelas XII SMA Negeri 17 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kebutuhan pengembangan modul Pembelajaran Berbasis Quantum Teaching pada Pembelajaran PAI Materi Bekerja Keras dan Tanggung Jawab (2) Mengetahui tingkat validitas pengembangan modul Pembelajaran Berbasis Quantum Teaching pada Pembelajaran PAI Materi Bekerja Keras dan Tanggung Jawab (3) Mengetahui tingkat praktikalitas pengembangan modul Pembelajaran Berbasis Quantum Teaching pada Pembelajaran PAI Materi Bekerja Keras dan Tanggung Jawab yang diuji cobakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu: tahap analisis, desain, development, implementasi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2024 dengan melibatkan 25 peserta didik kelas XII SMA Negeri 17 Luwu. Sedangkan objek penelitiannya adalah media pembelajaran modul berbasis quantum teaching yang dikembangakn sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, wawancara, dokumentasi kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menyatakan: 1) Hasil yang diperoleh dari analisis kebutuhan terhadap pendidik diperoleh nilai rata-rata 100% dengan kategori sangat dibutuhkan dan analisis kebutuhan yang dilakukan kepada peserta didik dari yang menjawab pertanyaan dengan jawaban “Ya” diperoleh nilai rata-rata 94% dengan kategori sebagian besar dibutuhkan dan jawaban “Tidak” diperoleh nilai rata-rata 15% dengan kategori sebagian kecilnya dibutuhkan. 2) Hasil validitas modul pembelajaran berbasis quantum teaching yang telah divalidasi dengan kategori diantaranya ahli media mendapatkan nilai persentase 93,33% dengan kategori valid. Sedangkan ahli materi mendapatkan nilai prtsentase 91,25% dengan kategori sangat valid. 3) Hasil yang sangat memuaskan dan positif dengan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji praktikalitas peserta didik sebesar 82,84% dengan kategori sangat praktis dan pendidik kelas dengan nilai yang diperoleh dari hasil uji praktikalitas sebesar 95% dengan kategori sangat praktis.
References
Aka, K. A. (2016). Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn: Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.87
Anggraini, D. (2023). Efektivitas Guru Pengabdian dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory Pondok Aren Tangerang Selatan [Masters, Institut PTIQ Jakarta]. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1230/
Ardiansyah, R., Corebima, A. D., & Rohman, F. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/8009
Kartika, I., & Arifudin, O. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 5(2), Article 2.
Maylitha, E., Parameswara, M. C., Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M. F., Hikmah, S. N., & Prihantini, P. (2023). Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal on Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.871
Noeraini, E., Fauzi, A., & Masdudi, M. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sosiologi dengan Bahan Ajar Modul Melalui Metode Quantum Teaching pada Siswa Kelas X MAN 2 Majalengka. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/edueksos.v6i1.1940
Putri, E. M., & Rochmawati, I. (2020). Model Pembelajaran Guru PAI Dalam Menghadapi Peserta Didik Era Millenial Di MA Islamiyah Ujungpangkah Gresik. Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam Dan Kajian Keislaman, 3(2), Article 2.
Simak, E. Y. F. (2012). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1), Article 1. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/401
Tuslimah, T. (2022). Penggunaan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2(2). https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/1041
Wahyuni, R. (2016). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jupendas (Jurnal Pendidikan Dasar), 3(2), Article 2. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/222
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2024 Nurul Hikma, Muhaemin Muhaemin, Arifuddin Arifuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.