Pengembangan Modul Pembelajaran Subtema Kewajiban dan Hakku di Rumah Berbasis Nilai-Nilai Keislaman untuk Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • St. Nurmala Binti Rusding Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Muhaemin Muhaemin Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nur Rahmah Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Penelitian dan Pengembangan Bahan ajar, Modul Pembelajaran, Nilai-Nilai Keislaman

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar cetak berupa Modul Pembelajaran Subtema Kewajiban dan Hakku di Rumah berbasis Nilai-Nilai Keislaman pada Peserta didik Kelas III SDN 111 Batusitanduk Kabupaten Luwu. Tujuan penelitian ini adalah untuk; mendeskripsikan hasil pengembangan modul pembelajaran subtema kewajiban dan hakku di rumah berbasis nilai-nilai keislaman pada peserta didik kelas III SDN 111 Batusitanduk memenuhi kriteria valid dan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan modul pembelajaran subtema kewajiban dan hakku di rumah berbasis nilai-nilai keislaman pada peserta didik kelas III SDN 111 Batusitanduk memenuhi kriteria praktis. Penelitian ini berjenis R&D (Research and Development) atau biasa disebut penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri atas empat tahapan yakni; (1) Tahap Analysis, (2) Tahap Design, (3) Tahap Development, dan (4) Tahap Disseminate. Penelitian dilakukan di SDN 111 Batusitanduk, dan yang bertindak sebagai subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 23 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar wawancara dan angket peserta didik yang dijabarkan dengan analisis data deskriptif. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan rumus likert. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa modul pembelajaran yang dievaluasi oleh 3 orang ahli, yaitu ahli keagamaan sebesar 95% dengan kategori sangat valid, ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid, dan ahli bahasa sebesar 88,8% dengan kategori sangat valid. Sementara itu, hasil uji praktikalitas mendapatkan nilai presentase sebesar 82,5% (sangat praktis). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran subtema kewajiban dan hakku di rumah berbasis nilai-nilai keislaman pada peserta didik kelas III SDN 111 Batusitanduk Kabupaten Luwu dikatakan valid dan layak digunakan.

References

Amelia, O., Sundari, P. D., Mufit, F., & Dewi, W. S. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1849

Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Juliansyah, J., Febriani, R., & Oktarina, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Generasi Muda. Faidatuna, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.53958/ft.v4i3.302

Aziz, M. A., & Sanwil, T. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme dan Aplikasi Nya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), Article 1.

Azizah, A. A. M. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.33474/elementeris.v3i1.10496

Darmansyah, A., Susanti, A., & Rahman, A. A. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Finansial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6349

Estiva, E. (2023). Pengembangan Modul Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Materi Menggali Ide Pendiri Bangsa Tentang Dasar Negara di Kelas X SMA Negeri 1 Malinau. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.51878/learning.v3i3.2461

Habsy, B. A., Christian, J. S., M, S. U. S. P., & Unaisah, U. (2024). Memahami Teori Pembelajaran Kognitif dan Konstruktivisme serta Penerapannya. TSAQOFAH, 4(1), 308–325. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2177

Hamidah, I., & Susilawati, S. (2023). Pembelajaran Matematika Berintegrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56855/intel.v2i1.143

Hisbullah, H., Nadirah, S., Aniati, A., & Rahman, A. (2022). Construction And Validity Of The Hypnoteaching-Based Learning Model: A Development Study In Elementary Schools. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), Article 03. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4796

Khairiah, R. (2022). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dan Reciprocal Teaching Pada Materi Statistika Kelas VIII MTs Swasta TAMPIS Sei Paham T.P 2020/2021 [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan]. http://repository.uinsu.ac.id/14979/

Putri, B. N., Fariyani, E. N., & Himmah, F. F. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(11), Article 11. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i11.3677

Ramadhan, W., & Sentosa, S. (2023). Analisis Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam dan Sosial (IPAS) Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.20416

Sari, D. T. (2022). Hubungan antara Self Efficacy dengan Quarter Life Crisis pada Mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area [Thesis, Universitas Medan Area]. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17019

Sholeh, M. I. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Program Anti-Bullying di Lembaga Pendidikan Islam. Al Manar, 1(2), Article 2.

Downloads

Date published articles:

2024-08-07

Cite on this Journal:

Rusding, S. N. B. ., Muhaemin, M., & Rahmah, N. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Subtema Kewajiban dan Hakku di Rumah Berbasis Nilai-Nilai Keislaman untuk Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(2), 247–262. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/363