Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Topik Penjumlahan Bilangan Cacah Melalui Penerapan Benda Konkret Siswa Kelas 1 UPT SDN 83 Mangindara

Authors

  • Nureni Nureni Universitas Terbuka

Keywords:

media benda konkret, penjumlahan bilangan cacah, hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 1 di UPT SDN 83 Mangindara, Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, khususnya pada topik penjumlahan bilangan cacah, dengan menggunakan benda konkret dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 16 siswa sebagai sampel, dimana hanya 9 siswa mencapai atau melebihi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1, siswa masih canggung dalam menggunakan alat peraga, sehingga hasil belajar yang ditunjukkan belum maksimal yaitu berada pada nilai rata-rata 60, di bawah KKM yaitu 75, sehingga dilanjutkan ke siklus 2. Pada siklus 2, terjadi peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata mencapai 85, hal tersebut melebihi KKM yang dipersyaratkan yaitu 75. Hasil ini menunjukkan efektivitas penggunaan benda konkret dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini mendukung penggunaan benda konkret dalam pembelajaran matematika, khususnya pada kelas 1 di UPT SDN 83 Mangindara, Galesong Selatan, Kabupaten Takalar.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis (1st ed.). Bumi Aksara.

Astuti, M. (2017). Penggunaan Metode Bermain Alat Manipulatif dalam Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan pada Siswa Kelompok B TK Islam Ar Ridlo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.2573/jcare.v4i2.959

Endramoyo, W. (2018). Cakram Matemawiku: Inovasi Cerdas Matematika Dasar (1st ed.). Indoocomp.

Hafidzin, A. B. H. M., & Makhsin, M. (2016). Kesan Play-Based Learning Terhadap Afektif Murid Pemulihan Jawi J-QAF di Sekolah Rendah: Proceedings of The ICECRS, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i1.530

Isti`adah, F. N. (2020). Teori-Teori Belajar dalam Pendidikan (1st ed.). Edu Publisher.

Liiman, M., Mulyono, M., & Napitupulu, E. E. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1844

Nafisah, A. D., & dkk. (2022). Bunga Rampai Inklusi dalam PAUD: Teori dan Praktik (1st ed.). Cipta Media Nusantara.

Shavira, L. E. (2021). Penggunaan alat peraga ABD Ajaib dalam pembelajaran matematika realistik berbasis budaya. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.26877/aks.v12i2.8850

Siswanto, R., Jumri, R., Ariani, N. M., Masri, M., Riwayati, S., Kashardi, K., & Adriadi, R. (2023). Penggunaan Alat Peraga Obibul Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIB. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13678–13683. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.24411

Subartini, E., & Mulyono, R. (2023). Analisis Penggunaan Media Rainbow Cikas dalam Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Kelas IV. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.687

Suryadi, A., Damopolii, M., & Rahman, U. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya (1st ed.). CV Jejak (Jejak Publisher).

Sutiah. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Nizamia Learning Center.

Unaenah, E., Ayumi, A., Nuraulia, D., & Sundari, L. (2023). Konsep Matematika Siswa dalam Menuntaskan Permasalahan Bangun Datar. Seroja : Jurnal Pendidikan, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.572349/seroja.v2i4.812

Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., Prastyo, H., Sari, D. P., Syukriani, A., Febriyanni, R., Rawa, N. R., Saija, L. M., & Wicaksono, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika (1st ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Wahyuningsih, B. Y., Sugianto, R., & Wardiningsih, R. (2023). Pelatihan Perancangan, Pembuatan, dan Penggunaan Media Pembelajaran Edukatif Berupa Alat Peraga Matematika bagi Mahasiswa Program Studi PGSD. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v3i1.2817

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran (1st ed.). Puri Cipta Media.

Downloads

Date published articles:

2024-05-02

Cite on this Journal:

Nureni, N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Topik Penjumlahan Bilangan Cacah Melalui Penerapan Benda Konkret Siswa Kelas 1 UPT SDN 83 Mangindara. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(1), 135–148. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/331